Show simple item record

dc.contributor.advisorMAS’UDI, MOHAMMAD
dc.contributor.authorHIDIM, DIMAS
dc.date.accessioned2016-11-30T06:47:54Z
dc.date.available2016-11-30T06:47:54Z
dc.date.issued2016-05-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6640
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menjajaki, mendalami, dan menjelaskan perspektif prinsip-prinsip umum dalam ekonomi Islam terhadap praktik pembiayaan haji dan umrah melalui sistem multi level marketing. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap khazanah keilmuan muamalat khususnya pada implementasi konsep dan kebijakan yang bertema ekonomi Islam di Indonesia. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research) dan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode dokumenter. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Setelah melakukan penelitian secara mendalam, hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik multi level marketing yang ada pada pembiayaan haji dan umrah kurang sesuai dengan prinsip-prinsip umum ekonomi Islam. Selain itu, praktik tersebut memiliki risiko mudharat yang lebih banyak dibandingkan manfaatnya. Maka, perlu adanya revitalisasi sistem yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan haji dan umrah namun tetap dalam koridor nilai syariahen_US
dc.description.abstractThis study aims to explore, comprehend, and describe the perspective of the general principles of Islamic economics on the practice of hajj and umrah financing through a system of multi-level marketing. This research is also expected to provide a conceptual contribution to the treasury of muamalat (Islamic finance) science particularly on the implementation of the concept and policy which have the theme of Islam economic in Indonesia. The type of research used in this thesis is the library research and in collecting the data the researcher used the method of documentation. While the analysis used in this study is a qualitative analysis. After conducting in-depth study, the results showed that the multi-level marketing practices that exist on the financing of hajj and umrah is less in accordance with the general principles of Islamic economics. In addition, these practices have more risk of mudharat (harm) than benefits. Thus, a system revitalization which can be adjusted to the financing needs of hajj and umrah is needed. However, it should be kept within the Islamic valuesen_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectIslamic Economics, Finance, Multi-Level Marketing. Ekonomi Islam, Pembiayaan, Multi Level Marketingen_US
dc.titlePEMBIAYAAN HAJI DAN UMRAH MELALUI SISTEM MULTI LEVEL MARKETING DALAM PERSPEKTIF PRINSIP-PRINSIP UMUM EKONOMI ISLAMen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record