Show simple item record

dc.contributor.advisorROSA, ELSYE MARIA
dc.contributor.authorPUSPITA, SYLVIE
dc.date.accessioned2016-12-16T03:11:16Z
dc.date.available2016-12-16T03:11:16Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7251
dc.descriptionLatar belakang : Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif learning yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para pengajar yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Dalam STAD para mahasiswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri atas empat orang yang berbedabeda tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan latar belakang etniknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa setelah dilakukan intervensi metode pembelajaran STAD. Metode Penelitian :Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain semu eksperimen (quasy-experiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini 68 mahasiswa keperawatan semester 6 yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 34 kelompok intervensi dan 34 kelompok kontrol. Hasil penelitian : Penelitian dilakuakn selama 3 minggu dengan 3 kali memberikan metode STAD kepada kelompok intervensi dengan adanya kelompok kontrol. Sebelum intervensi dilakukan mahasiswa diberikan modul. didapatkan adanya perbedaan motivasi dan prestasi antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Adanya peningkatan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa pada kelompok intervensi. Hal ini dibuktikan dengan hasi uji T-test pada motivasi mahasiswa dengan nilai 0,00<0,05. Pada prestasi dibuktikan dengan uji Mann- Whitney dengan nilai 0,00<,005. Kesimpulan : Metode STAD merupakan salah salah satu metode pembelajaran SCL (Student Canterad Leraning) yang dibisa diterapkan pada mahasiswa keperawatan. Dengan menggunakan metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa keperawatan.en_US
dc.description.abstractLatar belakang : Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif learning yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para pengajar yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Dalam STAD para mahasiswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri atas empat orang yang berbedabeda tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan latar belakang etniknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa setelah dilakukan intervensi metode pembelajaran STAD. Metode Penelitian :Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain semu eksperimen (quasy-experiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini 68 mahasiswa keperawatan semester 6 yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 34 kelompok intervensi dan 34 kelompok kontrol. Hasil penelitian : Penelitian dilakuakn selama 3 minggu dengan 3 kali memberikan metode STAD kepada kelompok intervensi dengan adanya kelompok kontrol. Sebelum intervensi dilakukan mahasiswa diberikan modul. didapatkan adanya perbedaan motivasi dan prestasi antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Adanya peningkatan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa pada kelompok intervensi. Hal ini dibuktikan dengan hasi uji T-test pada motivasi mahasiswa dengan nilai 0,00<0,05. Pada prestasi dibuktikan dengan uji Mann- Whitney dengan nilai 0,00<,005. Kesimpulan : Metode STAD merupakan salah salah satu metode pembelajaran SCL (Student Canterad Leraning) yang dibisa diterapkan pada mahasiswa keperawatan. Dengan menggunakan metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa keperawatan.en_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectSTADen_US
dc.subjectSCLen_US
dc.subjectMOTIVASI BELAJARen_US
dc.subjectPRESTASI MAHASISWAen_US
dc.titlePENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJARen_US
dc.typeThesis MKEP 40 2016en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record