dc.contributor.advisor | ROSA, ELSYE MARIA | |
dc.contributor.author | PUSPITA, SYLVIE | |
dc.date.accessioned | 2016-12-16T03:11:16Z | |
dc.date.available | 2016-12-16T03:11:16Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7251 | |
dc.description | Latar belakang : Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah
satu metode pembelajaran kooperatif learning yang paling sederhana, dan
merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para
pengajar yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Dalam STAD para
mahasiswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri atas empat orang yang berbedabeda
tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan latar belakang etniknya. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi
mahasiswa setelah dilakukan intervensi metode pembelajaran STAD.
Metode Penelitian :Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan
desain semu eksperimen (quasy-experiment). Pengambilan sampel dilakukan
dengan menggunakan total sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini 68
mahasiswa keperawatan semester 6 yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 34
kelompok intervensi dan 34 kelompok kontrol.
Hasil penelitian : Penelitian dilakuakn selama 3 minggu dengan 3 kali
memberikan metode STAD kepada kelompok intervensi dengan adanya kelompok
kontrol. Sebelum intervensi dilakukan mahasiswa diberikan modul. didapatkan
adanya perbedaan motivasi dan prestasi antara kelompok intervensi dan kelompok
kontrol. Adanya peningkatan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa pada
kelompok intervensi. Hal ini dibuktikan dengan hasi uji T-test pada motivasi
mahasiswa dengan nilai 0,00<0,05. Pada prestasi dibuktikan dengan uji Mann-
Whitney dengan nilai 0,00<,005.
Kesimpulan : Metode STAD merupakan salah salah satu metode pembelajaran
SCL (Student Canterad Leraning) yang dibisa diterapkan pada mahasiswa
keperawatan. Dengan menggunakan metode STAD dapat meningkatkan motivasi
belajar dan prestasi mahasiswa keperawatan. | en_US |
dc.description.abstract | Latar belakang : Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah
satu metode pembelajaran kooperatif learning yang paling sederhana, dan
merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para
pengajar yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Dalam STAD para
mahasiswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri atas empat orang yang berbedabeda
tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan latar belakang etniknya. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi
mahasiswa setelah dilakukan intervensi metode pembelajaran STAD.
Metode Penelitian :Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan
desain semu eksperimen (quasy-experiment). Pengambilan sampel dilakukan
dengan menggunakan total sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini 68
mahasiswa keperawatan semester 6 yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 34
kelompok intervensi dan 34 kelompok kontrol.
Hasil penelitian : Penelitian dilakuakn selama 3 minggu dengan 3 kali
memberikan metode STAD kepada kelompok intervensi dengan adanya kelompok
kontrol. Sebelum intervensi dilakukan mahasiswa diberikan modul. didapatkan
adanya perbedaan motivasi dan prestasi antara kelompok intervensi dan kelompok
kontrol. Adanya peningkatan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa pada
kelompok intervensi. Hal ini dibuktikan dengan hasi uji T-test pada motivasi
mahasiswa dengan nilai 0,00<0,05. Pada prestasi dibuktikan dengan uji Mann-
Whitney dengan nilai 0,00<,005.
Kesimpulan : Metode STAD merupakan salah salah satu metode pembelajaran
SCL (Student Canterad Leraning) yang dibisa diterapkan pada mahasiswa
keperawatan. Dengan menggunakan metode STAD dapat meningkatkan motivasi
belajar dan prestasi mahasiswa keperawatan. | en_US |
dc.publisher | MKEP UMY | en_US |
dc.subject | STAD | en_US |
dc.subject | SCL | en_US |
dc.subject | MOTIVASI BELAJAR | en_US |
dc.subject | PRESTASI MAHASISWA | en_US |
dc.title | PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR | en_US |
dc.type | Thesis MKEP 40 2016 | en_US |