Show simple item record

dc.contributor.advisorRASYID, HARYADI ARIEF NUUR
dc.contributor.authorPRATIWI, DWI NIKKEN
dc.date.accessioned2016-12-26T03:25:03Z
dc.date.available2016-12-26T03:25:03Z
dc.date.issued2016-12
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7465
dc.descriptionKegiatan teknologi informasi saat ini dimanfaatkan sebagai transaksi jual beli yang dikenal dengan istilah e-commerce. Teknologi e-commerce ini memudahkan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya serta memudahkan pengguna internet atau konsumen untuk melakukan transaksi jual beli. Perkembangan ini juga tampak dengan banyaknya situs belanja online yang bermunculan di Indonesia. Namun terdapat satu permasalahan dalam e-commerce ialah kurangnya kepercayaan pengguna internet terhadap situs belanja online karena dirasa tidak menjaga privasi dan keamanan pengguna atau konsumennya. Beberapa situs belanja online di Indonesia menawarkan berbagai inovasi untuk menarik perhatian serta kepercayaan pengguna situsnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada perbedaan kepercayaan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terhadap situs belanja online Bukalapak.com, Elevenia.co.id dan Tokopedia.com. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai intrumen penelitiannya. Populasi dalam penelitain ini adalah mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Universitas Muhammadiayah Yogyakarta angkatan 2009-2015 sebanyak 1004 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 108 responden yang diambil dengan cara simple random sampling. Menggunakan Confirmatory Factor Analysis sebagai uji validitas dan Alpha Cronbach sebagai uji reabilitas. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini membuktikan tidak terdapat perbedaan kepercayaan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terhadap situs belanja online Bukalapak.com, Elevenia.co.id dan Tokopedia.com.en_US
dc.description.abstractThe activity of informational technology nowadays is used as a selling-buying transaction which is also known as e-commerce. This e-commerce technology facilitates the business people to develop their business and facilitates the internet users or consumers to do selling-buying transaction. This development can also be seen from the numbers of online shopping sites growths in Indonesia. However, there is one problem in e-commerce which is the lack of internet users’ trust on online shopping sites because they are considered to not keeping the privacy and the security of their users or customers. Several online shopping sites in Indonesia offer numerous innovations to attract the attention and trust of their users. This research is aimed at proofing whether there is any difference on the level of trust of students of Department of Communication Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta on online shopping sites, Bukalapak.com, Elevenia.co.id and Tokopedia.com. This research used questionnaire as the research instrument. The population in this research are the students of Department of Communication Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta badge 2009-2015 as many as 1004 students. Sample used in this research are as many as 108 respondents which was taken with simple random sampling. This research used Confirmatory Factor Analysis as the validity test and Cronbach’s Alpha as the reliability test. The analyzing technique in this research used Independent Sample T-test. The result of this research shows that there is no difference in the level of trust of students of Department of Communication Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta on online shopping sites, Bukalapak.com, Elevenia.co.id and Tokopedia.com.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectE-COMMERCEen_US
dc.subjectKEPERCAYAANen_US
dc.subjectSITUS BELANJA ONLINEen_US
dc.titleKEPERCAYAAN MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERHADAP SITUS BELANJA ONLINE BUKALAPAK.COM, ELEVENIA.CO.ID DAN TOKOPEDIA.COMen_US
dc.typeThesis SKR 494en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record