KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH BORE-UP DAN STROKE-UP TERHADAP KINERJA MOTOR 4-LANGKAH
Abstract
Pada mesin 2-langkah maupun 4-langkah peran piston dan batang torak sangatlah penting untuk meningkatkan kapasitas mesin. Untuk mendapatkan kinerja mesin yang maksimal mungkin dilakukan bore-up yaitu dengan penggantian piston dan stroke-up dengan cara mengganti batang torak dan memajukan kedudukan big endnya . Maka dalam hal ini perlu dilakukan penelitian tentang kinerja mesin yang sudah di bore-up dan stroke-up. Dalam penelitian ini diambil data torsi, daya dan mf antara kondisi standard, semi racing dan full racing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi full racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi standard dan semi racing. Pada kondisi standard konsumsi bahan bakar lebih tinggi dari pada kondisi semi racing, hal ini dikarenakan pada kondisi semi racing menggunakan karburator dan knalpot standard, akibatnya konsumsi bahan bakar di dalam ruang bakar kurang sehingga kompresi di ruang bakar kurang padat dna gas buang yang dikeluarkan juga kurang.