Show simple item record

dc.contributor.advisorHURIAH, TITIH
dc.contributor.advisorKUSUMAWATI, WIWIK
dc.contributor.authorSARI, DIAN NUR ADKHANA
dc.date.accessioned2017-01-04T03:00:21Z
dc.date.available2017-01-04T03:00:21Z
dc.date.issued2017-01-04
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7818
dc.description.abstractPada akhir tahun 2002 seluruh perguruan tinggi seharusnya sudah menerapkan sistem pembelajaran berbasis KBK, karena berbagai kendala belum seluruhnya Perguruan Tinggi menerapkan KBK. Metode pembelajaran KBK menggunakan pendekatan pembelajaran berfokus pada siswa (Student Center Learning/SCL) yang memfokuskan pada capaian pembelajaran. Salah satu metode SCL menggunakan Problem Based Learning (PBL) yang merupakan metode pembelajaran dimana peserta didik sejak awal dihadapkan suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan SCL dengan pendekatan SGD pada mata kuliah manajemen keperawatan untuk mengukur kognitif mahasiswa di STIKES Surya Global. Pengukuran kognitif mahasiswa merupakan penelitian kuantitatif dan pengukuran afektif; persepsi mahasiswa terhadap kualitas skenario; persepsi mahasiswa terhadap performance tutor; persepsi mahasiswa terhadap proses diskusi merupakan penelitian bersifat deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 135 responden di STIKES Surya Global, metode pemilihan sample dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisa data yang digunakanuntuk melihat aspek kognitif pada mahasiswa menggunakan uji analisis data Wilcoxon. Hasil penelitianterdapat perbedaan tingkat kognitif sebelum dilakukan intervensi dan sesudah dilakukan intervensi. Penilaian afektif kegiatan SGD menunjukkan nilai tertinggi pada kriteria mempersiapkan literatur/persiapan diskusi. Persepsi mahasiswa terhadap kualitas skenario dalam kegiatan SGD nilai menunjukkan nilai tertinggi terdapat dalam aspek permasalahan dalam skenario berkaitan dengan manajemen keperawatan, bukan hanya pasien. Persepsi mahasiswa terhadap performance tutor menunjukkan nilai tertinggi terdapat pada aspek tutor memicu mahasiswa untuk mengevaluasi kerja sama dalam kelompok diskusi secara teratur. Persepsi mahasiswa terhadap kegiatan proses diskusi menunjukkan nilai tertinggi pada aspek mahasiswa mempersiapkan sumber literatur malam sebelum diskusi dimulai.en_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectSTUDENT CENTERED LEARNINGen_US
dc.subjectSMALL GROUP DISCUSSIONen_US
dc.subjectKOGNITIF DAN AFEKTIFen_US
dc.titleUJI COBA STUDENT CENTER LEARNING (SCL) DENGAN PENDEKATAN SMALL GROUP DISCUSION (SGD) PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KEPERAWATAN UNTUK MENGUKUR KOGNITIF DAN AFEKTIF DI STIKES SURYA GLOBALen_US
dc.typeThesis MKEP 19 2016en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record