Show simple item record

dc.contributor.advisorSUWARSI, AQIDAH ASRI
dc.contributor.authorHANDAYANI, AYU SEPTY
dc.date.accessioned2017-01-11T02:45:25Z
dc.date.available2017-01-11T02:45:25Z
dc.date.issued2017-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8065
dc.descriptionSyari’ah marketing merupakan konsep marketing yang menjadi solusi dalam praktek bisnis di tengah persaingan usaha yang mulai meninggalkan nilai dari praktek bisnis yang sesungguhnya. Syari’ah marketing yang bertumpu pada Al-Qur’an dan Hadist serta pernah dipraktekkan oleh Nabi Muhammad SAW masih sangat relevan jika dijelaskan dan dipraktekkan secara detail kepada para pelaku bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi karakteristik syariah marketing dan implementasi kinerja marketing dalam memuaskan nasabah. Pemahaman karakteristik syari’ah marketing menjadi pedoman bagi marketer BMT Bina Ihsanul Fikri untuk menciptakan relationship antara marketer BMT Bina Ihsanul Fikri yaitu hubungan kemitraan antara marketing dengan nasabah dijalin secara terus menerus dalam usaha meningkatkan, menciptakan kepuasan, serta kepercayaan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive sampling, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripstif dengan tujuan untuk mendeskripsikan data-data yang penyusun kumpulkan tentang implementasi karakteristik syari’ah marketing dan implementasi kinerja marketing dalam memuaskan nasabah pembiayaan di BMT Bina Ihsanul Fikri Cabang Rejowinangun Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing BMT Bina Ihsanul Fikri Cabang Rejowinangun Yogyakarta mengimplementasikan karakteristik syari’ah marketing yang dibuktikan dengan aktivitas kesehariannya. Namun ada ketidaksesuaian pada aspek etis (akhlaqiyyah) yang dibuktikan dari karakter marketing yang bertentangan dengan syari’ah. Adapun akhlak tersebut yaitu sikap tidak amanah dan berbuat curang sehingga merugikan nasabah dan BMT.en_US
dc.description.abstractSharia marketing is a marketing concept that a solution in business practices in the middle of business competition which began to leave the value of the actual business practice. Sharia marketing, which is based on the Qur'an and Hadith as well as once practiced by the Prophet Muhammad is still very relevant if it is explained and practiced in detail to the businessmen. The research aims to determine how the implementation of sharia marketing characteristics and implementation of marketing performance in satisfying customers. The understanding characteristics of the Sharia marketing be a guideline for BMT Bina Ihsanul Fikri marketer to create a relationship between the marketers BMT Bina Ihsanul Fikri namely the relationship between marketing partnerships with clients woven continuously in an effort to improve, create satisfaction and customer confidence. The research is a qualitative descriptive study, with a sampling of data sources conducted by purposive sampling, collection techniques by triangulation (combined). Analysis of the data used is deskripstif analysis techniques with the aim to describe constituent data collected about the implementation of Sharia marketing characteristics and implementation of marketing performance in satisfying customer financing in BMT Bina Ihsanul Fikri Branch Rejowinangun Yogyakarta. The results showed the marketing BMT Bina Ihsanul Fikri branch Rejowinangun Yogyakarta implements sharia marketing characteristics as evidenced by their daily activities. However there is a discrepancy on the ethical aspects (akhlaqiyyah) as evidenced from the character of marketing contrary to the Sharia. Meanwhile for the morals it self that are attitude of trust and cheating, it makes detriment the customers and BMT.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectSYARI’AH MARKETINGen_US
dc.subjectKEPUASAN NASABAHen_US
dc.subjectLOYALITAS NASABAHen_US
dc.subjectBMT BINA IHSANUL FIKRI CABANG REJOWINANGUN YOGYAKARTAen_US
dc.titleIMPLEMENTASI KARAKTERISTIK SYARI’AH MARKETING PADA KINERJA MARKETING DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN (STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI CABANG REJOWINANGUN YOGYAKARTA)en_US
dc.typeThesis SKR 281en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record