Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorARDIAN, JEMMY
dc.date.accessioned2017-01-17T03:02:04Z
dc.date.available2017-01-17T03:02:04Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8492
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kenakalan anak panti sebelum pengasuhan,(2) apa saja macam-macam akhlak mulia yang ditanamkan, (3) proses penyadaran anak nakal menjadi anak shalih, dan (4) keberhasilan upaya pengasuh serta guru dalam penanaman akhlak mulia terhadap anak di panti asuhan Islam Ibadah Bunda Yogyakarta. Jenis penelitian ini fenomenologis dengan pendekatan kualitatif yang berlangsung pada saat ini maupun masa lampau. Subjek penelitian adalah pengasuh, 1 orang guru PAI, 25 anak panti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi., dan langkah-langkah analisis data nenurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kenakalan anak panti terbagi menjadi tiga aspek, yaitu aspek spritual, aspek sosial, aspek seksual. (2) Akhlak mulia yang ditanamkan yaitu religiusitas, jujur, disiplin, kreatifi, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat, peduli sosial, tanggung jawab. (3) Pada peroses penyadaran anak nakal mejadi anak shalih, peneliti melihat hal tersebut terjadi melalui tiga fase yaitu pengenalan atau kognitif, afektif, psikomotorik. (4) Sedangkan keberhasilan dari proses tersebut adalah timbulnya pribadi yang lebih baik secara lahir dan batin, tercapainya porestasi yang membanggakan, dan terciptanya budaya positif dan baik di lingkungan panti ashuan Islam Ibadah Bunda Yogyakarta.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kenakalan anak panti sebelum pengasuhan,(2) apa saja macam-macam akhlak mulia yang ditanamkan, (3) proses penyadaran anak nakal menjadi anak shalih, dan (4) keberhasilan upaya pengasuh serta guru dalam penanaman akhlak mulia terhadap anak di panti asuhan Islam Ibadah Bunda Yogyakarta. Jenis penelitian ini fenomenologis dengan pendekatan kualitatif yang berlangsung pada saat ini maupun masa lampau. Subjek penelitian adalah pengasuh, 1 orang guru PAI, 25 anak panti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi., dan langkah-langkah analisis data nenurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kenakalan anak panti terbagi menjadi tiga aspek, yaitu aspek spritual, aspek sosial, aspek seksual. (2) Akhlak mulia yang ditanamkan yaitu religiusitas, jujur, disiplin, kreatifi, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat, peduli sosial, tanggung jawab. (3) Pada peroses penyadaran anak nakal mejadi anak shalih, peneliti melihat hal tersebut terjadi melalui tiga fase yaitu pengenalan atau kognitif, afektif, psikomotorik. (4) Sedangkan keberhasilan dari proses tersebut adalah timbulnya pribadi yang lebih baik secara lahir dan batin, tercapainya porestasi yang membanggakan, dan terciptanya budaya positif dan baik di lingkungan panti ashuan Islam Ibadah Bunda Yogyakarta.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectPENYADARANen_US
dc.subjectANAK NAKALen_US
dc.subjectANAK SHALIHen_US
dc.subjectPENANAMAN AKHLAK MULIAen_US
dc.titlePROSES PENYADARAN DARI ANAK NAKAL MENJADI ANAK SHALIH DI PANTI ASUHAN ISLAM IBADAH BUNDA YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR 352en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record