dc.description.abstract | Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan oleh LPTK FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Masalah yang diteliti berkaitan dengan latar belakang PPG PAI di UIN Sunan Kalijaga, persiapan PPG, proses PPG serta pengaruh PPG dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensi personal dan profesionalisme guru PAI yang berlangsung dalam jangka waktu satu tahun. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan evaluatif mode CIPP (context, input, proses, dan product) pendekatan ini dapat mengevaluasi program secara komperhensif kepada seluruh aspek yang diobservasi seperti peserta, pengajar, dan pelaksana program PPG tersebut.
Hasil penelitian ini adalah peningkatan kompetensi peserta PPG baik secara personal maupun profesional. Meningkatnya wawasan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatnya kompetensi dalam mempersiapkan segala aspek yang berhubungan dengan proses belajar mengajar seperti membuat perangkat pembelajaran, media pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan pengelolaan manajemen administrasi sekolah. Sedangkan secara personal meningkatnya rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru yang bertugas mengajar dan membimbing peserta didik.
Pelaksanaan program pendidikan profesi guru menghasilkan guru-guru pendidikan agama Islam yang mempunyai kompetesi personal yang baik sehingga dapat menjadi contoh bagi peserta didik serta memiliki kompetensi profesional yang membanggakan sehingga mampu bersaing dengan guru-guru mata pelajaran lainnya. | en_US |