PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI 3 JENIS BUSI TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH HONDA BLADE 110 CC BERBAHAN BAKAR PREMIUM DAN PERTAMAX 95
Abstract
Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin berkembangnya ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK), maka dibutuhkan kendaraan yang memiliki
unjuk kerja mesin yang baik dan konsumsi bahan bakar yang minimum. Dengan
demikian upaya untuk mendapatkan unjuk kerja mesin yang baik salah satunya
dengan memperbaiki kualitas pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar.
Dengan pembakaran yang lebih baik tersebut maka efisiensi dari kinerja suatu
mesin pasti akan meningkat, salah satunya dari konsumsi bahan bakar. Hal ini
tentunya sangat diharapkan dapat tercipta pada era modern saat ini. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan mesin bensin 4 langkah 1 silinder dengan merk
Honda Blade 110 cc tahun 2011.
Parameter proses penelitian ini adalah pada putaran mesin ± 2700 rpm
untuk uji percikan bunga api dan putaran mesin 4250-9750 rpm untuk pengujian
Torsi dan Daya. Kemudian dilakukan pengujian konsumsi bahan bakar
menggunakan buret dengan jarak tempuh ± 2,5 km. Analisa dilakukan dengan
melihat nilai kenaikan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakarnya terhadap
penggunaan 3 jenis busi yaitu busi DENSO Standar, NGK Platinum, dan
DURATION Double Iridium.
Nilai torsi dan daya mengalami kenaikan seiring dengan putaran mesin
yang semakin meningkat. Pada pengujian torsi diperoleh hasil bahwa busi
DURATION Double Iridium memiliki nilai torsi dan daya tertinggi yaitu sebesar
10,26 Nm pada putaran 5747 rpm dan 9,3 HP pada putaran 7029 rpm sedangkan
jumlah konsumsi bahan bakarnya yaitu sebesar 66,4 km/L untuk bahan bakar
pertamax 95.