EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN BANGKA TENGAH TAHUN 2015
Abstract
Masalah pendidikan merupakan salah satu agenda besar pemerintah baik pusat maupun daerah. Salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah pusat untuk meningkatkan mutu dan pelayanan terhadap pendidikan ialah menetapkan indikator-indikator standa pelayanan pendidikan kepada pemerintah kabupaten/kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan capaian SPM bidang pendidikan dasar di Kabupaten Bangka Tengah tahun 2015. Pelaksanaan SPM pendidikan dasar di kabupaten Bangka Tengah diliat mulai dari pemahaman program, perencanaan pencapaian SPM, penentuan program dan kegiatan pendukung terlaksananya SPM pendidikan hingga perubahan nyata yang dari penerapan SPM tersebut.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan objek penelitian Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dan dokumentasi terkait naskah dinas baik laporan atau pun dokumen perencanaan pemerintah daerah.
Hasil dari penelitian ini adalah selama ini pemerintah telah menjadikan urusan pendidikan priortitas kedua dalam visi pembangunan daerah serta telah meleksanakan program-program yang tepat pendukung tercapainya SPM pendidikan dasar secara maksimal. Namun dengan demikian pencapai SPM pendidikan dasar kabupaten Bangka Tengah ini masih memiliki 7 indikator yang belum tercapai 100% sebagaimana target yang telah ditetapkan. Hal tersebut karena anggaran yang diusulkan tidak sepenuhnya di alokasikan. Hal ini mengingat keterbatasan APBD dan banyaknya perioritas lain pada pembangunan daerah kabupaten Bangka Tengah.
Pada tahun berikutnya penulis memberikan saran kepada pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk mengalokasi dana yang optimal serta pengalokasian anggaran tepat sasaran, sehingga pelaksanaan SPM pendidikan dasar bisa tercapai sesuai target yang ditetapkan.