PERSONAL SELLING SEBAGAI ALAT PENDUKUNG STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEKAR KEDHATON KOTA GEDE DALAM MENARIK MINAT WISATA LOKAL DAN MANCANEGARA
Abstract
Sekar kedhaton restoran merupakan salah satu restoran dengan menyajikan menu khas jawa khsuusnya , mengangkat nilai historis dengan balutan jawa kuno, Portugal dan Belanda. Target dari sekar kedhaton adalah masyarakat middle up, foreign, wisatawan lokal, coorporate dan instansi pemerintah . Sekar kedhaton restoran mengalami penurunan jumlah tamu dikarenakan marketing dan kompetitor . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Sekar Kedhaton Restoran dalam meningkatkan jumlah tamu dan mengatasi jumlah tamu yang menurun, Kerangka teori yang digunakan adalah personal selling sebagai alat pendukung strategi komunikasi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran manajemen Sekar kedathon restoran dan staff marketing mengalami jumlah kenaikan tamu khususnya coorporate . Strategi adalah dengan menyusun agenda program bagi staff marketing untuk pelaksanaan personal selling. Fokus melakukan sales call satu hari minimal tiga empat.