PENGGUNAAN ALAT PERAGA PRKATEK PEMBELAJARAN AL-QURAN (P3Q) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN PADA SISWA KELAS III DI SD N III SONGBLEDEG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada jenjang pendidikan tingkat dasar, membaca dan menulis ayat-ayat Al-Quran merupakan kompetensi yang harus dicapai dalam mata pelajarna PAI . Namun masih banyak sekali lulusan siswa sekolah dasar yang masih belum mampu membaca dan menulis Al-Quran. Saat ini sebenarnya sudah berkembang berbagai metode baca tulis Al-Quran , namun masih belum sepenuhnya mampu menunjang pencapaian kompetensi membaca dan menulis Al-Quran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran membaca dan menulis Al-Quran dengan menggunakan Peraga Praktif Pembelajaran Al-Quran (P3Q). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan P3Q meningkatkan efektifitas pembelajaran membaca dan menulis Al-Quran.