PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN DIVIDEN PAYOUT RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( Studi Empiris Pada Perusahaan Non – Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dividen Payout Ratio terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan non – keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015. Data dikumpulkan menggunakan metoda purposive sampling, dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 65 perusahaan. Pengujian hipotesa menggunakan analisis regresi linear berganda dengan Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengungkapan CSR, Ukuran Perusahaan, Dividen Payout Ratio berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sehingga hipotesis diterima. Selanjutnya untuk Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sehingga hipotesis ditolak. Selain itu untuk Profitabilitas sebagai variabel moderasi dapat mempengaruhi dan memperkuat hubungan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan, sehingga hipotesis diterima. Kepemilikan Manajerial sebagai variabel moderasi tidak dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan, sehingga hipotesis ditolak.
Kata Kunci : Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( CSR), Ukuran Perusahaan, Leverage, Dividen Payout Ratio, Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG PERUSAHAAN (STUDIPADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI DAN PERUSAHAAN DASARDAN KIMIA YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2010-2014)
FITRIA, AINI (FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016-10)This study aims to test empirically the effect of Managerial Ownership, Institutional Ownership, Dividend Policy, Profitability and Size of the Company toward Debt Policy on Costumer Goods Companies and Chemical and Basic ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP KEMUNGKINAN PERUSAHAAN MELAKUKAN PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)
KHIKMAWATI, PUTRI (FE UMY, 2017-02-03)The purpose of this research was to examine the influence of firm size, profitability and firm value to the income smoothing practices. The sampel used in this research at 97 companies that listed in Jakarta Islamic Index ... -
PENGARUH KINERJA KEUANGAN, STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BEI PERIODE 2011 – 2015)
FATMAH, FATMAH (FE UMY, 2017-04-19)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Profitabilitas, struktur modal, likuiditas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai prerusahaan. ...