PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE TIKET PESAWAT MELALUI TRAVELOKA
Abstract
PT. Traveloka Indonesia atau lebih dikenal dengan Traveloka yaitu salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis penyediaan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus domestik Indonesia dan Asia Tenggara dengan situsnya yaitu Traveloka(dot)com. Penelitian ini berfokus pada konsumen yang pernah memesan tiket pesawat secara online melalui Traveloka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: pengaruh kepercayaan, persepsi risiko, kemudahan dan manfaat secara bersama-sama dan secara individu terhadap keputusan pembelian online tiket pesawat melalui Traveloka. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang telah memesan tiket pesawat secara online melalui Traveloka yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini 191 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji simultan (Uji F), uji parsial (Uji t) dan Uji koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepercayaan, persepsi risiko, kemudahan dan manfaat berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian online, pengaruh kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan, persepsi risiko tidak mempunyai pengaruh, kemudahan tidak mempunyai pengaruh dan manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online.