PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI NILAI DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT PERILAKU KONSUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas
pelayanan, persepsi nilai dan kepuasan terhadap niat perilaku
konsumen di perusahaan penyedia jasa pelatihan, Amarta Multi
Corporation. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan
populasi pada penelitian ini adalah peserta pelatihan yang mengikuti
pelatihan di Amarta Multi Corporation. Sampel penelitian
menggunakan purposive sampling dengan total 238 responden. Data
dianalisis dengan Path Analysis (Analisis Jalur) yaitu dengan uji
statistik parsial (uji t), koefisien determinasi ( ) dan uji efek mediasi.
Hasil yang diperoleh bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap persepsi nilai dengan nilai P1 sebesar
0,831 (0,000), persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan
terhadap niat perilaku dengan nilai P2 sebesar 0,444(0,000), kualitas
pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan
nilai P3 sebesar 0,167(0,000), kepuasan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap niat perilaku dengan nilai P4 sebesar0,247(0,000),
persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
dengan nilai P5 sebesar 0,656 (0,018), kualitas pelayanan tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku dengan nilai
P6 sebesar= 0,136(0,073). Melalui uji efek mediasi diperoleh hasil
bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
niat perilaku melalui kepuasan, kualitas pelayanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap niat perilaku melalui persepsi nilai, persepsi
nilai tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku
melalui kepuasan konsumen.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara partial atau
individu hanya persepsi nilai dan kepuasan yang berpengaruh
signifikan terhadap niat perilaku konsumen sementara kualitas
pelayanan tidak bepengaruh secara langsung. Kepuasan konsumen
menjadi variabel mediasi bagi pengaruh kualitas pelayanan terhadap
niat perilaku kosumen, tetapi tidak menjadi variabel mediasi bagi
pengaruh variabel persepsi nilai terhadap niat perilaku konsumen
Kualitas pelayanan dan persepsi nilai secara partial berpengaruh
terhadap kepuasan Persepsi nilai menjadi variabel mediasi bagi
pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat perilaku.