PENDEKATAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN
Abstract
Penelitain ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas pelayanan yang ada
pada Kopma UNY Core. Pada penelitian ini diperoleh 100 kuesioner dengan respon
pelanggan yang dapat diolah. Alat analisis yang digunakan adalah Importance Performance
Analysis (IPA) dan House of Quality (HoQ).Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode
IPA terdapat 6 atribut kualitas pelayanan yang masuk dalam kategori kritis dan harus
diperbaiki, atribut tersebuat adalah kelengkapan produk yang dijual, karyawan mampu
memberikan pelayanan, Karyawan cepat tanggap dalam membantu konsumen mencari
produk, Pelayan kasir yang cepat, terutama jika pelanggan terlalu banyak, Produk terjamin
kualitasnya, Jaminan penggantian produk jika ditemukan produk cacat/rusak. Rekomendasi
berdasarkan prioritas utama yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan terlebih dahulu
berdasarkan metode QFD adalah kelengkapan produk yang dijual dengan nilai sebesar 20,832
atau 23%. Sedangkan respon teknis yang harus diutamakan oleh Kopma UNY Core adalah
pendataan dan penataan produk.