PERAN KEPERCAYAAN HIJAU DALAM MEMEDIASI PERSEPSI NILAI HIJAU TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN HIJAU PADA PRODUK LAMPU LED
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi nilai hijau terhadap perilaku pembelian hijau dan peran kepercayaan hijau dalam memediasi hubungan kedua variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengkonsumsi produk lampu LED di Yogyakarta. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 110. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis dan uji sobel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi nilai hijau berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian hijau pada lampu LED dan kepercayaan hijau secara positif dan signifikan memediasi pengaruh persepsi nilai hijau terhadap perilaku pembelian hijau pada produk lampu LED. Disarankan kepada produsen produk lampu LED untuk meningkatkan keputusan pembelian dengan cara mempertahankan kualitas produknya, selain dapat menambah keuntungan yang dirasakan konsumen hal ini juga dapat membentuk kepercayaan konsumen bahwa produk lampu LED ini memiliki kepedulian lingkungan lebih dari produk lampu lainnya.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ANALISIS PENCIPTAAN GREEN JOBS (PEKERJAAN HIJAU) DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL SKENARIO INVESTASI HIJAU
DEWI, RAFIKA (FAKULTAS EKONOMI UMY, 2016)Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kekayaan sumber daya dan tidak terlepas dari berbagai masalah, seperti masalah pada lingkungan, sosial, dan ekonomi. Hal ini karena dampak pada perubahan iklim di bumi, perubahan ... -
PERAN WALHI DALAM PENGELOLAAN RUANG TERBUKA HIJAU (STUDI KASUS PERAN WALHI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PROPORSI RUANG TERBUKA HIJAU DI KOTA YOGYAKARTA) (2013-2016)
AKBAR, HARRY (FISIPOL UMY, 2016)Pemerintah Kota Yogyakarta pernah mengemukakan bahwasanya, tantangan dalam pengelolaan RTH kawasan perkotaan yang sering kali dihadapi oleh Kabupaten/Kota adalah meningkatnya konversi lahan, kurangnya regulasi dan penegakan ... -
PENGARUH MEREK HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK INDUSTRI KOSMETIK HIJAU DI KOTA YOGYAKARTA
HERI, HERI (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Citra Merek Hijau, Kepuasan Merek Hijau, Kepercayaan Merek Hijau, dan Kesadaran Merek Hijau terhadap Keputusan Pembelian pada produk kosmetik hijau Naava Green di ...