ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA PENGIRIMAN BARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek Terhadap Kepuasan Konsumen jasa pengiriman barang JNE di Kota Yogyakarta. Data diambil dari sampel sebanyak 126 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F, serta koefisien determinasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh bahwa : (1) kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen jasa pengiriman barang JNE. (2) kesadaran merek berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa pengiriman barang JNE. (3) persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa pengiriman barang JNE. (4) asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa pengiriman barang JNE. (5) loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa pengiriman barang JNE.