View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERANCANGAN TATA LETAK JALUR DI STASIUN LAHAT UNTUK MENDUKUNG OPERASIONAL JALUR KERETA API GANDA LINTAS LAYANAN MUARA ENIM - LAHAT

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (30.52Kb)
      HALAMAN JUDUL (527.4Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (309.1Kb)
      ABSTRAK (257.0Kb)
      BAB I (209.8Kb)
      BAB II (297.1Kb)
      BAB III (743.8Kb)
      BAB IV (505.4Kb)
      BAB V (1.402Mb)
      BAB VI (188.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (184.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (906.7Kb)
      Date
      2017-05-24
      Author
      HERMAWAN, PHABIO DENY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Stasiun Lahat merupakan stasiun eksisting yang terletak di Jl. Mayor Ruslan, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan dan berada pada lintas layanan Muara Enim – Lahat dan terletak pada KM 434+159. Rencana pembangunan jalur kereta api ganda merupakan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Sumatera Selatan untuk dapat meningkatkan sarana angkutan barang maupun penumpang. Untuk dapat mendukung operasional jalur kereta api ganda maka perlu dilakukan perancangan tata letak jalur pada Stasiun Lahat yang meliputi rancangan tata letak jalur stasiun, panjang efektif jalur kereta, wesel, peron dan sistem persinyalan. Rancangan tata letak jalur kereta api ganda pada Stasiun Lahat menggunakan data sekunder yang didapatkan dari instansi-instansi terkait dan direncanakan berdasarkan acuan pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 60 Tahun 2012, Peraturan Dinas No. 10 Tahun 1986 dan Peraturan Menteri No. 33 Tahun 2011 tentang jenis, kelas dan kegiatan di stasiun kereta api. Perencanaan panjang efektif jalur kereta api di Stasiun Lahat dihitung berdasarkan rencana rangkaian kereta api penumpang terpanjang yang akan berhenti di Stasiun Lahat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa rancangan tata letak jalur kereta api ganda pada Stasiun Lahat memiliki 4 jalur stasiun, dengan 2 jalur raya dan 2 jalur sayap. Panjang efektif jalur kereta api pada Stasiun Lahat dihitung dengan rangkaian kereta api 1 lokomotif dan 12 gerbong penumpang dan didapat hasil panjang sebesar 290 meter. Panjang efektik jalur ini digunakan pada jalur I, II, III dan IV. Jenis wesel yang digunakan 1:12 dengan kecepatan ijin 45 km/jam. Jumlah peron yang digunakan adalah 2 buah dengan jenis penempatan island platform yang berada di sela-sela jalur I dan II serta diantara jalur III dan IV. Panjang peron yang digunakan berdasarkan panjang efektif jalur kereta yaitu 290 m. Jenis persinyalan yang digunakan adalah persinyalan elektrik.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12366
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      Related items

      Showing items related by title, author, creator and subject.

      • PEMODELAN RENCANA PENERAPAN JALUR SEPEDA DENGAN SOFTWARE PTV VISSIM (STUDI KASUS PERENCANAAN JALUR SEPEDA KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) 

        YUSKAZIA, VITARIE (FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-16)
        Seiring dengan meningkatnya aktivitas dan jumlah mahasiswa di UMY dapat menyebabkan banyak masalah lingkungan yang terjadi. Seperti meningkatnya polusi udara dan keterbatasan lahan parkir, langkah yang tepat untuk mengatasi ...
      • PERANCANGAN TATA LETAK JALUR DI STASIUN NAGREG UNTUK MENDUKUNG OPERASIONAL JALUR KERETA API GANDA CICALENGKA - NAGREG - LEBAKJERO 

        ANWAR, DEVI AZZAHRA (2017-06-08)
        Stasiun Nagreg merupakan stasiun eksisting yang terletak di Desa Nagreg, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat dan berada pada lintas layanan Cicalengka – Nagreg – Lebakjero dan terletak pada KM 190 ...
      • PERENCANAAN JALUR HIJAU JALUR JALAN LINTAS SELATAN (JJLS) DESA KEMADANG KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL 

        NAVIANTORO, SAPTO NUGROHO (FP UMY, 2016-08-23)
        Planning the Green Belt of South Line Road in Kemadang Tanjungsari Gunungkidul. This research was conducted using the method of observation, and the results are compiled descriptive and spatial. The data used in this ...

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV