PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS E-SERVICE PADA MINAT BELI BELANJA ONLINE MELALUI KEPUASAN DI TRAVELOKA
Abstract
Penelitian ini mengembangkan model penelitian untuk menguji hubungan antara dimensi kualitas e-service, kepuasan pelanggan dan minat beli. Dimana Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai subjeknya, dan Traveloka sebagai objeknya. Data dari survei terhadap 110 konsumen online yang digunakan untuk menguji model penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi desain website, kepercayaan dan personalisasi mempengaruhi kepuasan pelanggan. Selain itu, pada akhirnya berpengaruh secara signifikan terhadap dengan minat beli konsumen. Namun, dimensi keandalan tidak signifikan berhubungan dengan kepuasan konsumen. Alat analisis yang digunakan adalah aplikasi SPSS versi 21.0 untuk Windows.
Penelitian ini mengembangkan dimensi instrumen kualitas e-service telah memodifikasi model SERVQUAL untuk mempertimbangkan konteks belanja online. Selain itu, hasil ini penelitian memberikan referensi berharga bagi pengelola toko online, serta bagi para peneliti yang tertarik di internet marketing.