PENGARUH PROFITABILITAS, SIZE DAN SALES GROWTH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, size, dan sales growth terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 323 sampel yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis data mengunkan regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh singnifikan terhadap nilai perusahaan. (2) size berpengaruh negatiif tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) sales growth bepengaruh positif tidak signifikan. (4) profitabilitas berpengaruh negatif singnifikan terhadap struktur modal (5) size berpengaruh positf singnifikan terhadap struktur modal. (6) sales growth berpengaruh negatif tidak singnifikan terhadap struktur modal. (7) struktur modal berpengaruh positif singnifikan terhadap nilai perusahaan.