AKTIVITAS CUSTOMER RELATIONS PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM BATANG TAHUN 2016
Abstract
Penelitian ini mendiskripsikan customer relations PDAM kabupaten Batang melakukan aktivitas komunikasi pelayanan yg berguna untuk menciptakan kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan akhir dalam upaya menjalin hubungan baik dengan customer. PDAM menjalankan aktivitas tersebut meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif analisis studi kasus, dengan teknik wawancara sebagai alat pengumpulan data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan wawancara mendalam (indepth interview) dengan key informan sebagai data primer dan data sekundernya melalui wawancara kepada customer serta data-data yang ada pada perusahaan seperti company profile.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer relations Perusahaan Daerah Air Minum Batang hanya bersifat sebagai penunjang program kerja yang telah ditentukan dan menciptakan image perusahaan di masyarakat. Dalam membina hubungan baik dengan pelanggan melalui pelayanan yang dilakukan perusahaan terhadap customer maka ada pelanggan yang merasa puas dan tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH HUBUNGAN PEMASAR NASABAH, NILAI NASABAH DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA SEKTOR PERBANKAN
WIDIHARJANTI, ISTI (MM UMY, 2015-12-30)This study aimed to examine the effect of customer relationship marketing, customer value, and service quality on the improvement of bank customer satisfaction and the impact to the loyalty of customer. The sample of this ... -
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN (Asuransi Jiwa Prudential)
WIWOHO, ALDINO IVANDA (FE UMY, 2017-04-26)This study aims to analyse the influence of RELATIONSHIP CUSTOMER MANAGEMENT (CRM) Customer Satisfaction And Consumer Loyalty in Prudential Life Insurance. Subjects in this study are consumers who have used Prudential ... -
STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UKM MY HAPPY PETS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH RESELLER DARI TAHUN 2014 KE TAHUN 2015
ADINDA, AISSA ROSELINA (FISIP UMY, 2017-08-15)UKM My Happy Pets merupakan usaha rumahan yang bergerak dibidang produksi aksesoris dan shampo untuk hewan di Indonesia yang mampu bersaing dengan kompetitor yang berada diluar negeri. UKM My Happy Pets mengalami peningkatan ...