PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI KUALITAS, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE OPPO (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, persepsi
kualitas, persespsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone
Oppo (studi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Subjek dalam
penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah beli handphone merek Oppo dalam 1
tahun terakhir dan mahasiswa UMY yang masih aktif.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive
sampling yaitu pengambilan sampel dalam hal ini terbatas pada jenis orang tertentu
yang dapat memberikan informasi yang diinginkan atau sesuai dengan kriteria yang
sudah di tentukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 100 responden. Penelitian ini
menggunakan analisis regresi liner berganda dengan software IBM SPSS statistic 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi kualitas berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian.