PENGARUH PERSEPSI IKLAN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI PEMEDIASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh persepsi iklan dan selebriti endorser terhadap keputusan pembelian melalui citra merek sebagai pemediasi. Objek dalam penelitian ini adalah Tokopedia.com, sedangkan subjeknya adalah konsumen di Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling dengan AMOS sebagai alat analisis.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa: persepsi iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia.com. Celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia.com. Persepsi iklan dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek di Tokopedia.com. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia.com. Citra merek berperan sebagai pemediasi pengaruh persepsi iklan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia.com. Citra merek tidak berperan sebagai pemediasi pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian di Tokopedia.com.