PENGARUH KEGUNAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RISIKO, KETERLIBATAN PRODUK, DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP SIKAP DAN NIAT UNTUK MENGGUNAKAN ONLINE SHOPPING DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kegunaan, kemudahan penggunaan, risiko,keterlibatan produk, dan norma subjektif terhadap sikap dan niat untuk menggunakan online shopping. Responden pada penelitian ini yaitu mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta yang pernah menggunakan online shopping dan diperoleh responden sebanyak 158. Penelitian ini menggunakan model survei dan metode purposive samplingsebagai teknik pengambilan sampel. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling(SEM) dengan AMOS sebagai alat analisis.
Dari hasil pengujian data pada penelitian ini, diperoleh hasil bahwa 1) kegunaan yang dirasakan, keterlibatan produk memiliki pengaruh terhadap sikap untuk menggunakan online shopping, 2) norma subjektif dan sikap terhadap online shopping berpengaruh positif terhadap niat untuk menggunakanonline shopping, 3) kemudahan penggunaandan risiko tidak berpengaruh terhadap sikap dan niat untuk menggunakan online shopping.