PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP CITRA MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BELI (STUDI EMPIRIS PADA FOLLOWERS INSTAGRAM COKELAT NDALEM)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of
mouth terhadap Minat Beli dengan Citra Merek sebagai variabel mediasi pada
Perusahaan Cokelat nDalem. Subyek penelitian ini adalah followers instagram
Cokelat nDalem. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 100 responden
yang dipilih sesuai dengan teknik sampling dengan menggunakan purposive
sampling. Alat analisis menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear
berganda. Terlebih dahulu sebelum melakukan analisis data dilakukan uji kualitas
instrumen dengan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa
Electronic Word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Citra
merek, Electronic Word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap Minat Beli, Citra Merek berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap Minat Beli, dan Citra Merek memediasi secara positif dan signifikan
pengaruh antara Electronic Word of mouth terhadap Minat Beli.