PENGARUH SUPERVISI KEPERAWATAN TERHADAP PERSEPSI PENERAPAN PATIENT SAFETY DAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Data dari BPPS Kemenkes RI 2017 menunjukkan bahwa perawat memiliki persentase 49% dari seluruh tenaga kesehatan lainnya (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Bidan, Farmasi, Dokter Gigi) di Fasilitas Layanan Kesehatan. Perawat yang baik akan membuat mutu pelayanan kesehatan menjadi baik. Salah satu indikator mutu adalah penerapan patient safety dan kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan. Perlu dilakukan supervisi keperawatan untuk mengendalikan dan mempertahankan mutu tersebut. Mengetahui pengaruh supervisi keperawatan terhadap persepsi penerapan patient safety dan pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD Kota Yogyakarta. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen berupa kuesioner yang diadaptasi dan dimodifikasi dari standar keselamatan pasien dan penelitian sebelumnya. Data diambil melalui kuesioner yang dibagikan kepada perawat selama bulan Desember 2017 di RSUD Kota Yogyakarta. Sebanyak 50% responden menyatakan bahwa perencanaan supervisi keperawatan berjalan baik, 60% menyatakan pelaksanaan supervisi kurang baik, dan 51% menyatakan evaluasi supervisi baik. Supervisi yang baik mempengaruhi kinerja yang baik. Supervisi keperawatan tidak memiliki pengaruh terhadap persepsi penerapan patient safety dan pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD Kota Yogyakarta, namun variabel supervisi keperawatan yang paling berpengaruh terhadap persepsi penerapan patient safety adalah bagian pelaksanaan supervise keperawatan, dan terdapat pengaruh negatif pada variabel perencanaan supervisi keperawatan terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD Kota Yogyakarta.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
SEMINAR KESEHATAN NASIONAL: UPDATE KEPERAWATAN LUKA MODERN DAN PROSPEK KEWIRAUSAHAAN DALAM BIDANG KEPERAWATAN/KESEHATAN
HARIS, FAHNI (Media Karya, 2019-02-24) -
STRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PROFESSIONAL BEHAVIORS PADA MAHASISWA TINGKAT II DIII KEPERAWATAN AKPER YAYASAN KEPERAWATAN YOGYAKARTA
ANNISA, RULLY (MKEP UMY, 2018-08-27)Latar Belakang: Perilaku Profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa selama proses pembelajaran. Perilaku ini memiliki tiga aspek aktivitas yang harus dilakukan sebagai tenaga kesehatan ... -
PENGEMBANGAN MODUL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATA KULIAH KEPERAWATAN ANAK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA SEMESTER IV DI AKADEMI KEPERAWATAN BUNDA DELIMA BANDARLAMPUNG
WULANDARI, YANTI (MKEP UMY, 2018)Background: The educational paradigm has changed in which the learning process shifts from the previous Teacher-centered Learning into Studentcentered Learning. This change must be accompanied with designing appropriate ...