PENGARUH PENGALAMAN, KEPUASAN KONSUMEN, KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA SITUS ONLINE DI YOGYAKARTA
Abstract
Alternatif internet telah menjadikan salah satu aktifitas untuk melakukan pembelian produk. E-commerce merupakan perdagangan elektronik yang melakukan proses pemasaran dan penjualan barang ataupun jasa melalui media internet. Eticketing merupakan salah satu bagian dari e-commerce untuk memesan sebuah kebutuhan penerbangan yang dilakukan dengan pembelian online. Salah satu situs agen online yang menawarkan berbagai macam tiket yaitu Traveloka. Situs online traveloka ini merupakan situs pencarian tiket pesawat, kereta yang tercepat, termurah dan yang paling lengkap. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengalaman dengan minat beli ulang, dimana kepuasan dan kepercayaan konsumen sebagai pemediasi dengan fokus pada konsumen Traveloka di Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah dengan survey langsung ke pelanggan yang bersangkutan. Dilakukan uji Reliabilitas dan uji Validitas instrument Servqual. Responden penelitian terdiri dari 153 pelanggan. data yang terkumpul dianalisis dengan metode SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengalaman berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang; 2) pengalaman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kosnumen; 3) pengalama berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan; 4) kepuasan kosnumen tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang; 5) kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang; 6) kepuasan konsumen tidak memiliki peran sebagai pemediasi hubungan pengalaman terhadap minat beli ulang; 7) kepercayaan tidak memiliki peran yang sebagai pemediasi hubungan pengalaman terhadap minat beli ulang.