dc.contributor.author | KURNIASIH, DEWI | |
dc.date.accessioned | 2020-10-24T04:06:00Z | |
dc.date.available | 2020-10-24T04:06:00Z | |
dc.date.issued | 2020-06-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35795 | |
dc.description | Permasalahan yang umum terjadi dalam pelayanan rawat jalan di rumah
sakit adalah lamanya waktu tunggu, proses administrasi, ketersediaan
informasi, dan yang lainnya. Salah satu metode perbaikan kualitas (Quality
Improvement) yang digunakan dalam penelitian ini adalah lean hospital
dengan tujuan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi penggunaan waktu,
tenaga kerja, ruang, dan sumber daya lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui gambaran value stream mapping (VSM), menganalisa hal yang
menjadi waste, dan usulan perbaikan menggunakan pendekatan lean hospital
pada pelayanan rawat jalan poliklnik penyakit dalam RSUD Arga Makmur.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui observasi
langsung, wawancara mendalam dan telaah dokumen. Hasil penelitian
menunjukkan nilai Non Value Added tertinggi adalah pada unit poliklinik
yaitu sebesar (97,09%) dengan Value Added sebesar (2,91%) dengan waiting
time (107,22 menit) pada pelayanan pasien non-asuransi dengan
pemeriksaan penunjang. Waste yang terjadi berupa waste of waiting,
transportation, overproduction, overprocessing, inventory, motion, human
potential dan defect. Dari hasil fishbone diagram diketahui bahwa akar
penyebab masalah yang terjadi di unit poliklinik adalah dalam hal
manajemen, peralatan, layout, petugas dan sistem informasi. Usulan
perbaikan yang dapat diberikan berupa usulan jangka pendek, jangka
menengah dan jangka panjang. | en_US |
dc.description.abstract | Common problems that occur in outpatient services in hospitals are the
length of waiting time, administrative processes, availability of information,
and others. One of the quality improvement method used in this study is lean
hospitals with the aim of achieving the effectiveness and efficiency of the use
of time, labor, space, and other resources. This study aims to determine the
description of value stream mapping (VSM), analyze things that become
waste, and proposed improvements using the lean hospital approach in
internal disease polyclinic RSUD Arga Makmur. The study was conducted
with a qualitative approach through direct observation, in-depth interviews
and document review. The results showed the highest Non Value Added was
in the polyclinic unit that was equal to (97.09%) with a Value Added (2.91%)
and waiting time (107.22 minutes) on patient non-insurance with additional
examination. Waste that occurs in outpatient services are waste of waiting,
transportation, overproduction, overprocessing, inventory, motion, human
potential and defects. From the results of the fishbone diagram it is known
that the root causes of problems that occur in the polyclinic unit are in terms
of management, equipment, layout, officers and information systems.
Proposed improvements can be given in the form of short term, medium term
and long term proposals. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | lean hospital, waste | en_US |
dc.subject | value added | en_US |
dc.subject | non value added | en_US |
dc.subject | VSM | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI LEAN HOSPITAL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN RAWAT JALAN POLIKLINIK PENYAKIT DALAM DI RSUD ARGA MAKMUR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |