ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, KEPUTUSAN INVESTASI, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2014)
Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (ROA), keputusan investasi (PER), leverage (DER), dan ukuran perusahaan (SIZE) secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan (PBV) manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 tahun yaitu mulai tahun 2012-2014.
Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Dari populasi sebanyak 149 perusahaan manufaktur diperoleh 26 perusahaan manufaktur sebagai sampel dengan periode pengamatan selama 3 tahun (2012-2014). Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa profitabilitas (ROA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung sebesar 21.783 dan signifikansi 0,000, sehingga hipotesis pertama diterima. Keputusan investasi (PER) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung sebesar 23.723 dan signifikansi 0,000, sehingga hipotesis kedua diterima. Leverage (DER) tidak berpengaruh negative terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung sebesar 6.079 dan signifikansi 0,000, sehingga hipotesis ketiga ditolak. Ukuran perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung sebesar -.824 dan signifikansi 0,413 sehingga hipotesis keempat ditolak. Hasil uji kesesuaian model menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas (ROA), keputusan investasi (PER), leverage (DER), dan ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 261.335 dan nilai signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,931 menunjukkan bahwa pengaruh profitabilitas (ROA), keputusan investasi (PER), leverage (DER), ukuran perusahaan (SIZE) terhadap nilai perusahaan sebesar 93,1%, dan sisanya sebesar 6,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitan.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG PERUSAHAAN (STUDIPADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI DAN PERUSAHAAN DASARDAN KIMIA YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2010-2014)
FITRIA, AINI (FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2016-10)This study aims to test empirically the effect of Managerial Ownership, Institutional Ownership, Dividend Policy, Profitability and Size of the Company toward Debt Policy on Costumer Goods Companies and Chemical and Basic ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP KEMUNGKINAN PERUSAHAAN MELAKUKAN PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)
KHIKMAWATI, PUTRI (FE UMY, 2017-02-03)The purpose of this research was to examine the influence of firm size, profitability and firm value to the income smoothing practices. The sampel used in this research at 97 companies that listed in Jakarta Islamic Index ... -
PENGARUH KINERJA KEUANGAN, STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BEI PERIODE 2011 – 2015)
FATMAH, FATMAH (FE UMY, 2017-04-19)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Profitabilitas, struktur modal, likuiditas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai prerusahaan. ...