UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI KERJA PADA PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI MELALUI PENDEKATAN TEORI KEBUTUHAN MASLOW
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya peningkatan motivasi kerja yang dilakukan dan karakteristik dimensi kebutuhan Maslow diimplementasikan pada perusahaan jasa kontruksi anggota Gapensi (Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia) Kab. Kebumen ditinjau dari perspektif Teori Kebutuhan Maslow. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan kuesioner sebagai sumber data. Menggunakan teknik sampling purposive sampling yaitu teknik sampling yang diberi batasan sesuai dengan tujuan penelitian.
Analisa data menggunakan bantuan software komputer berupa SPSS meliputi uji validitas dengan korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Selain itu juga digunakan statistik deskriptif untuk menggambarkan upaya peningkatan motivasi dan karakteristik dimensi kebutuhan maslow.
Berdasarkan uji validitas seluruh variabel dinyatakan valid dan dapat diproses lebih lanjut. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai alpha cronbach‟s kebutuhan fisiologis, rasa aman, Sosial, penghargaan dan aktualisasi diri. Karena nilai alpha cronbach‟s yang didapat masing-masing > 0.6. Hal ini membuktikan tiap variabel memiliki reliabilitas yang tinggi atau memiliki konsistensi yang baik sebagai alat ukur.
Berkaitan dengan hasil Analisis deskripsi responden menunjukkan bahwa prioritas utama motivasi kerja karyawan pada semua kategori adalah kebutuhan sosial, sedang secara selisih mean nilai tertinggi diperoleh pada kebutuhan penghargaan.