FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN DI YOGYAKARTA DALAM PEMILIHAN KARIR SEBAGAI ENTREPREUNER
Abstract
Sekarang ini kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah entrepreneur Indonesia masih sedikit dan mutunya belum bisa dikatakan hebat, sehingga persoalan pembangunan wirausaha Indonesia merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan. Banyak pengangguran yang berpendidikan dikarenakan mereka tidak memiliki pekerjaan kerena kebanyakan dari mereka hanya memikirkan bagaimana bekerja di suatu tempat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat mahasiswa magister untuk menjadi entrepreneur yang di ukur dengan tiga variabel independen yaitu attitude toward behavior, subjective norm dan perceived behavior control, sedangkan variabel dependen adalah intention. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model). Responden dalam penelitian ini sebanyak 146 orang yang terdiri mahasiswa UMY dan UII. Hasil penelitian menunjukkan Attitude toward behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention mahasiswa magister untuk menjadi entrepreneur. Perceived behavior control dan Subjectives norm tidak berpengaruh signifikan terhadap intention mahasiswa magister untuk menjadi entrepreneur.