Show simple item record

dc.contributor.advisorKAMAL, FATHURRAHMAN
dc.contributor.authorWIDIANI, MELITA
dc.date.accessioned2017-06-07T07:34:31Z
dc.date.available2017-06-07T07:34:31Z
dc.date.issued2017-05-18
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10689
dc.descriptionCounseling Guidance is an activity of which source is human since in his life there are various problems to encounter. Therefore, he needs others to solve the problems. Counseling Guidance is set of service program given to the students so that they will be able to develop. Students with special needs, like deaf students who have hearing impairment and cannot communicate well, will also require good treatment. They need especially in religious counseling guidance that aims to provide help to individuals in his religious life so it will be in accordance with the regulations and guidance from Allah SWT; thus he will obtain happiness in the world and afterlife. This research aimed to describe the implementation of Islamic counseling guidance method for the deaf students of elementary school at SLB Negeri 1 Bantul and to explain the deaf students of elementary school at SLB Negeri 1 Bantul. This research was a descriptive qualitative research and a field study. The subject of this research was the teachers of counseling guidance in the elementary school for deaf students. The object of this research, on the other hand, was the methods used to conduct the Islamic counseling guidance for the deaf student at the elementary scholl at SLB Negeri 1 Bantul. The data collection methods were interview, observation and documentation. The research result showed that (1) the method of Islamic counseling guidance implemented by classroom teacher was direct method to each individual or group, (2) the factor supporting to this implementation was the positive attitude from the parents, teachers, student and environment. Meanwhile, the inhibiting factors was the negative attitude from the parents and childrenen_US
dc.description.abstractBimbingan Konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupan manusia. Karena dalam kehidupan, manusia selalu mengalami masalah yang bermacam-macam. Sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalahnya. Bimbingan Konseling merupakan rangkaian program layanan yang diberikan kepada peserta didik agar mereka mampu berkembang. Anak didik yang berkebutuhan khusus juga perlu penanganan yang baik. Seperti halnya anak tunarungu yang tidak bisa mendengar dengan jelas dan berkomunikasi dengan baik. Terutama dalam hal bimbingan konseling agama, yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada individu dalam kehidupan agamanya agar sejalan dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT sehingga mendapatkan kebahagiaan di duni dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode bimbingan konseling Islam bagi anak tunarungu siswa tingkat SD di SLB Negeri 1 Bantul dan menjelaskan tentang faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode bimbingan konseling Islam bagi anak tunarungu siswa tingkat SD di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan. Subyek penelitian adalah guru pembimbing setiap kelas tingkat Sekolah Dasar jurusan anak tunarungu. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islam bagi anak tunarungu siswa tingkat Sekolah dasar di SLB Negeri 1 Bantul. Metode pengumpulan data terdiri dari: wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini: (1) metode pelaksanaan bimbingan konseling Islam yang dilakukan oleh setiap guru pembimbing kelas adalah menggunakan metode langsung baik individu ataupun kelompok. (2) faktor pendukung pelaksanaan metode bimbingan konseling Islam adalah perilaku positif orang tua, guru, perilaku positif anak, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat adalah perilaku negatif orang tua dan perilaku negatif anak.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectMetode Bimbingan Konseling Islam, Anak Tunarungu. Keywords: Islamic counseling and guidance, deaf studentsen_US
dc.titleMETODE BIMBINGAN KONSELING ISLAM BAGI ANAK TUNARUNGU SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI 1 BANTULen_US
dc.typeThesis SKR 45en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record