View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Islamic Communication and Counseling
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      METODE BIMBINGAN KONSELING ISLAM BAGI ANAK TUNARUNGU SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI 1 BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (189.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.002Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (224.2Kb)
      ABSTRACT (420.0Kb)
      BAB I (213.1Kb)
      BAB II (353.0Kb)
      BAB III (100.5Kb)
      BAB IV (390.4Kb)
      BAB V (87.88Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (181.4Kb)
      LAMPIRAN (1.897Mb)
      Date
      2017-05-18
      Author
      WIDIANI, MELITA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Bimbingan Konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupan manusia. Karena dalam kehidupan, manusia selalu mengalami masalah yang bermacam-macam. Sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalahnya. Bimbingan Konseling merupakan rangkaian program layanan yang diberikan kepada peserta didik agar mereka mampu berkembang. Anak didik yang berkebutuhan khusus juga perlu penanganan yang baik. Seperti halnya anak tunarungu yang tidak bisa mendengar dengan jelas dan berkomunikasi dengan baik. Terutama dalam hal bimbingan konseling agama, yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada individu dalam kehidupan agamanya agar sejalan dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT sehingga mendapatkan kebahagiaan di duni dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode bimbingan konseling Islam bagi anak tunarungu siswa tingkat SD di SLB Negeri 1 Bantul dan menjelaskan tentang faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode bimbingan konseling Islam bagi anak tunarungu siswa tingkat SD di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan. Subyek penelitian adalah guru pembimbing setiap kelas tingkat Sekolah Dasar jurusan anak tunarungu. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islam bagi anak tunarungu siswa tingkat Sekolah dasar di SLB Negeri 1 Bantul. Metode pengumpulan data terdiri dari: wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini: (1) metode pelaksanaan bimbingan konseling Islam yang dilakukan oleh setiap guru pembimbing kelas adalah menggunakan metode langsung baik individu ataupun kelompok. (2) faktor pendukung pelaksanaan metode bimbingan konseling Islam adalah perilaku positif orang tua, guru, perilaku positif anak, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat adalah perilaku negatif orang tua dan perilaku negatif anak.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10689
      Collections
      • Department of Islamic Communication and Counseling

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV