Show simple item record

dc.contributor.advisorMASRURI, SISWANTO
dc.contributor.advisorSANTOSA, DWI
dc.contributor.authorRUBIJO
dc.date.accessioned2017-06-08T04:06:17Z
dc.date.available2017-06-08T04:06:17Z
dc.date.issued2017-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10714
dc.description.abstractSaat ini masih banyak ahli pendidikan khusus mengalami kesulitan dalam memahami kelainan sosial yang dimiliki oleh anak autis, karena tanpa terlebih dahulu memahami fungsi kerja otak. Ini berarti bahwa tenaga kependidikan akan menemukan masalah yang sangat komplek berkaitan dengan perubahan fungsi sistem pusat syaraf otak dan perubahan perilaku anak yang bersangkutan. Perubahan atau kerusakan sel-sel pada pusat syaraf otak akan berpengaruh besar pada perilaku-perilaku yang muncul, seperti perilaku kemampuan konsentrasi yang kurang serta hiperaktif. Dari dua jenis penyimpangan perilaku yang sangat menonjol pada anak autis tersebut akan berdampak negatif pada keberhasilan pendidikan, baik pada diri anak autis tersebut maupun lingkungannya. Kurangnya konsentrasi berdampak pada diri anak, sedang perilaku hiperaktif akan berdampak pada anak di lingkungannya. Sesuai dengan kondisi seperti itu perlu dicarikan suatu solusi tentang bagaimana cara mengatasi kurangnya konsentrasi bagai anak maupun mengurangi perilaku hiperaktif, dan dengan semakin meningkatnya konsentrasi anak akan mengurangi perilaku hiperaktifnya. Peneliti mencoba melakukan suatu tindakan alternatif penyelesaian masalah itu dengan memeperdengarkan bacaan Al Quran kepada peserta didik. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah dengan memperdengan bacaan Al Quran dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada anak autis. Penelitian yang peneliti lakukan dengan jenis metode mixed methodology, yaitu menggabungkan jenis penelitian kualitatif dan kuantitaf. Sedang untuk menganalisa data penulis gunakan skala likert. Artinya setiiap variable yang akan diukur dijabarkan menjadi indicator variable. Dan dari indicator itu dijadikan sebagai dasar pembuatan item-item instrument. Dan untuk mempermudah membaca data, data ditampilkan dalam bentuk table. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat peneliti simpulkan bahwa dengan diperdengarkan bacaan Al Quran pada anak autis, terutama sebelum mengikuti proses belajar mengajar, konsentrasi anak tersebut dalam ranah kognitif, afektif maupun psikomotor mengalami peningkatan.en_US
dc.publisherMSI UMYen_US
dc.subjectKURANG KONSENTRASIen_US
dc.subjectANAK AUTISen_US
dc.subjectTERAPI AL QURANen_US
dc.titlePENINGKATAN KONSENTRASI ANAK AUTIS MELALUI MENDENGARKAN AL-QUR’AN DI SLB PGRI NANGGULAN DAN SLB MUHAMMADIYAH DEKSO KULON PROGOen_US
dc.typeThesis MSI 1 2017en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record