dc.contributor.advisor | SANJAYA, SONDA | |
dc.contributor.advisor | MEISA, WISTRI | |
dc.contributor.author | NUGROHO, EKO NOVIANTO | |
dc.date.accessioned | 2017-06-09T02:22:26Z | |
dc.date.available | 2017-06-09T02:22:26Z | |
dc.date.issued | 2017-07 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10747 | |
dc.description.abstract | Kurangnya penguasaan kosakata dikalangan siswa merupakan suatu
hambatan untuk bisa berbahasa Jepang dengan baik. Media berperan penting
untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Pemilihan media yang baik
menjadi salah satu faktor keberhasilan siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa
Jepang. Dalam hal ini peneliti ingin membantu siswa dalam menguasai kosakata
dengan menggunakan flashcard. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
keefektifan flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang
kelas X SMAN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4
sebagai kelas kontrol yang berjumlah 15 siswa yang diajarkan dengan
menggunakan buku Minna No Nihongo Shokyuu 1 dan siswa kelas MIA 6 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 15 yang diajarkan dengan menggunakan
flashcard.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimental dimana data diperoleh dengan cara memberikan tes berupa pretest
dan posttest, catatan lapangan, dan memberikan angket kepada responden. Hasil
nilai tes dianalisis dengan menggunakan SPSS 19 khususnya independent sample
t-test yang digunakan untuk mengetahui signifikansi nilai rata-rata antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil dari independent sample t-test menunjukkan ada perbedaan nilai
rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (9,393 >
6,920). Hasil t-hitung sebesar 8,268 lebih besar dibandingkan degan t-tabel yang
besarnya 0,514 untuk taraf signifikansi 5%. Perhitungan menggunakan
normalized gain menunjukka rata-rata nilai gain pada kelas eksperimen adalah
1,00 dan rata-rata nilai gain pada kelas kontrol adalah 0,61.
Maka hipotesis alternatif dalam penelitian ini terbukti yang berarti
penggunaan flashcard efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa
Jepang terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran
2016/2017. Pembelajaran menggunakan flashcard membuat siswa tertarik untuk
belajar kosakata bahasa Jepang. Selain itu, respons siswa terhadap pembelajaran
kosakata menggunakan flashcard sangat baik. Jadi flashcard efektif untuk
meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Keefektifan, Flashcard, bahasa Jepang, Penguasaan kosakata, Penigkatan motivasi. | en_US |
dc.title | KEEFEKTIFAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FPB
038 | en_US |