Show simple item record

dc.contributor.advisorSANJAYA, SONDA
dc.contributor.advisorMEISA, WISTRI
dc.contributor.authorNUGROHO, EKO NOVIANTO
dc.date.accessioned2017-06-09T02:22:26Z
dc.date.available2017-06-09T02:22:26Z
dc.date.issued2017-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10747
dc.description.abstractKurangnya penguasaan kosakata dikalangan siswa merupakan suatu hambatan untuk bisa berbahasa Jepang dengan baik. Media berperan penting untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Pemilihan media yang baik menjadi salah satu faktor keberhasilan siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Dalam hal ini peneliti ingin membantu siswa dalam menguasai kosakata dengan menggunakan flashcard. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang kelas X SMAN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 15 siswa yang diajarkan dengan menggunakan buku Minna No Nihongo Shokyuu 1 dan siswa kelas MIA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 15 yang diajarkan dengan menggunakan flashcard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dimana data diperoleh dengan cara memberikan tes berupa pretest dan posttest, catatan lapangan, dan memberikan angket kepada responden. Hasil nilai tes dianalisis dengan menggunakan SPSS 19 khususnya independent sample t-test yang digunakan untuk mengetahui signifikansi nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari independent sample t-test menunjukkan ada perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (9,393 > 6,920). Hasil t-hitung sebesar 8,268 lebih besar dibandingkan degan t-tabel yang besarnya 0,514 untuk taraf signifikansi 5%. Perhitungan menggunakan normalized gain menunjukka rata-rata nilai gain pada kelas eksperimen adalah 1,00 dan rata-rata nilai gain pada kelas kontrol adalah 0,61. Maka hipotesis alternatif dalam penelitian ini terbukti yang berarti penggunaan flashcard efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Pembelajaran menggunakan flashcard membuat siswa tertarik untuk belajar kosakata bahasa Jepang. Selain itu, respons siswa terhadap pembelajaran kosakata menggunakan flashcard sangat baik. Jadi flashcard efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang.en_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKeefektifan, Flashcard, bahasa Jepang, Penguasaan kosakata, Penigkatan motivasi.en_US
dc.titleKEEFEKTIFAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANGen_US
dc.typeThesis SKR FPB 038en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record