POLA HUBUNGAN GURU DAN MURID DALAM INTERAKSI EDUKATIF MENURUT AL-QUR’AN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan mengenai pola hubungan guru dan murid dalam interaksi edukatif yang terkandung pada surat al-Kahfi/18: 60-82 berdasarkan penafsiran Ahmad Musṭafā Al-Marāgī. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif-analitis. Sumber primer dalam penlitian ini adalah kitab Tafsir al-Marāgī sedangkan sumber sekundernya beberapa literatur yang terkait dengan interaksi edukatif guru dan murid. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi. Sedangkan metode panafsiran digunakan metode tahlīlī.
Hasil penelitian adalah: (1) Dalam interaksi edukatif harus ada tujuan, prosedur, kedisiplinan, bahan pelajaran, guru, murid, metode, situasi yang mendukung, dan penilaian. (2) Pola hubungan guru dan murid dalam interaksi edukatif mencakup sikap guru terhadap murid, sikap murid terhadap guru, serta sikap antara kedua-duanya. (3) Sikap guru terhadap murid dalam interaksi edukatif harus sabar, penuh perhatian, berhati lembut, berkata santun, memahami latar belakang murid, memahami karakter murid, kasih sayang kepada murid, pemaaf, bijak, mengajarkan kebenaran, adil, jujur, dan objektif. (4) Sikap murid terhadap guru dalam interaksi edukatif meliputi menjadikan guru sebagai figur idola, cinta kepada ilmu, selalu ingin tahu, bersikap sopan, dan sabar. (5) Sikap antara kedua-duanya harus ada rasa saling memahami satu sama lain dan juga saling menerima kekurangan dan kelebihan.