PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW BERBASIS MOBILE LEARNING (ANDROID) UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VIII DI SMP MUHAMADIYAH 1 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk membuktikan pembelajaran model jigsaw berbasis mobile learning (android) dapat meningkatkan keaktifan siswa (2) untuk membuktikan pembelajaran model jigsaw berbasis mobile learning (android) dapat meningkatkan prestasi siswa (3) untuk membuktikan ada perbedaan keaktifan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pembelajaran model jigsaw berbasis mobile learning (android) (4) untuk membuktikan ada perbedaan prestasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqh sebelum dan sesudah penggunaan pembelajaran model jigsaw berbasis mobile learning (android).
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain pretest-posttest nonequevalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 197 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A (kelas eksperimen) yang berjumlah 24 siswa dan kelas VIII B (kelas kontrol) yang berjumlah 23 siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dengan statistik deskriptif dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan model jigsaw berbasis mobile learning (android) dapat meningkatkan keaktifan siswa. (2) Pembelajaran dengan model jigsaw berbasis mobile learning (android) dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. (3) Terdapat perbedaan keaktifan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran dengan model jigsaw berbasis mobile learning (android). (4) Terdapat perbedaan prestasi siswa antara sebelum dan sesudah diterapkannya perlakuan dalam pembelajaran dengan model jigsaw berbasis mobile learning (android). Sehingga model Jigsaw berbasis Mobile Learning (android) berpengaruh terhadap prestasi belajar Fiqh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.