PERBEDAAN KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA YANG BERASAL DARI PESANTREN DAN NONPESANTREN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan konsep diri dan motivasi
berprestasi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta yang berasal dari pesantren dan nonpesantren.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel secara random
sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket atau kuisioner. Data
dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep diri mahasiswa Pendidikan
Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berasal dari pesantren
dan nonpesantren tidak ada perbedaan, hal ini didapatkan dari nilai rata-rata
(mean) konsep diri mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta yang berasal dari pesantren dan nonpesantren yaitu
29:30. (2) motivasi berprestasi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta yang berasal dari pesantren dan nonpesantren samasama
tinggi, hal ini didapatkan dari nilai rata-rata (mean) motivasi berprestasi
mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
yang berasal dari pesantren dan nonpesantren yaitu 42:43. (3) tidak ada perbedaan
konsep diri dan motivasi berprestasi antara mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berasal dari pesantren dan
nonpesantren karena hasil sig. adalah sig. 0,408 > 0,05.