Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABDUL
dc.contributor.authorULYA, SOFRI MUTIARA
dc.date.accessioned2017-07-10T07:45:58Z
dc.date.available2017-07-10T07:45:58Z
dc.date.issued2017-05-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11524
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji subtansi makna amtsal nur dalam QS. An-Nur ayat 35 menurut pendapat al-Maraghi dan al-Ghazali, dan 2) menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya. Adapun kegunaannya adalah sebagai bahan informasi dan penambah wawasan keilmuan serta menjadi dasar tujuan pendidikan Islam dengan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan (library research), yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber (data) primer dan data sekunder. Metode menganalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analiysis). Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif- kualitatif, interpretasi dan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perbedaan penafsiran antara al-Maraghi dan al-Ghazali adalah pada daya penerima cahaya (petunjuk) Allah. Al-Maraghi menyebutkan bahwa cahaya tersebut diterima oleh hati, sedangkan al-Ghazali menyebut bahwa yang menerima pancaran cahaya Allah adalah akal. 2) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam amtsal nur QS. An-Nur ayat 35, meliputi: a) nilai pendidikan i’tiqadiyah (aqidah), b) nilai pendidikan khuluqiyah (akhlaq), c) nilai pendidikan ‘amaliyah. Kesemua nilai tersebut al-Maraghi meniliknya melalui hati manusia, baik peranan hati dalam menanamkan dan memelihara nilai-nilai pendidikan Islam tersebut. Adapun al-Ghazali meniliknya melalui akal manusia, yang berperan pula dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam.en_US
dc.description.abstractThe objectives of this research are to: 1) study the substantial meaning of Amtsal Nur in Surah An-Nur verse 35 according to al-Maraghi and al-Ghazali, and 2) analyze the values of Islamic education containing in it. Its usefulness is to give information and broaden scientific insight as well as the foundation of Islamic education goal by instilling the values of Islamic education. This research employs library research method, that is using library materials as primary and secondary data. The method of data analysis in this research is content analysis. The collected data were analyzed using descriptive-qualitative, interpretation, and comparison method. The research result shows that: 1) the different interpretation between al-Maraghi and al-Ghazali is on the power of light receiver (direction) from Allah. Al-Maraghi states that the light is received by heart, while al-Ghazali states that the one which receives light from Allah is intellect; 2) education values which are contained in Amtsal Nur of Surah An-Nur verse 35 consists of: a) i’tiqadiyah (aqidah) education value, b) khuluqiyah (akhlaq) education value, c) ‘amaliyah education value. Al-Maraghi views it through human’s heart using the role of heart to instill and keep the values of Islamic education. Meanwhile, al-Ghazali views it through human’s intellect which has the role to instill the values of Islamic education.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectAmtsal Nur, I’tiqadiyah, Khuluqiyah, ‘Amaliyah. Amtsal Nur, I’tiqadiyah, Khuluqiyah, ‘Amaliyahen_US
dc.titleNILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AMTSAL NUR KAJIAN ATAS QS. AN-NUR AYAT 35en_US
dc.title.alternative(Studi Komparatif Antara Al-Maraghi dan Al-Ghazali)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 159en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record