Show simple item record

dc.contributor.advisorNURCAHYADI, TEDDY
dc.contributor.advisorSUDARJA
dc.contributor.authorUTOMO, OKTI TRI
dc.date.accessioned2017-07-31T05:54:16Z
dc.date.available2017-07-31T05:54:16Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12264
dc.descriptionCamshaft merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan motor bakar 4 langkah. Fungsi dari camshaft adalah sebagai penggerak katup hisap untuk memasukan bahan bakar dari karburator melalui saluran hisap dan memasuki ruang bakar. Camshaft juga menggerakan katup buang untuk mengeluarkan hasil pembakaran melalui saluran buang menuju pembuangan knalpot. Perbedaan pergerakan camshaft pada durasi dan lift akan berpengaruh pada waktunya bahan bakar yang masuk dan keluar dari ruang bakar pada proses pembakaran. Penelitian ini dilakukan menggunakan dua variasi, yaitu standard camshaft dan after market camshaft. Pengukuran camshaft dilakukan menggunakan metode dial indikator dan busur derajat untuk mengetahui data durasi dan lift dari camshaft, sedangkan pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian torsi dan daya, pengujian konsumsi bahan bakar spesifik, dan juga pengujian emisi gas buang. Dari hasil pengujian pada dinamometer didapatkan bahwa torsi dan daya yang dihasilkan standard camshaft lebih tinggi. Dari pengujian konsumsi bahan bakar spesifik didapat hasil pada putaran 2000 RPM dan 8000 RPM, after market camshaft lebih baik, namun pada putaran 4000 RPM dan 6000 RPM standard camshaft memiliki nilai lebih baik. Pada pengujian uji emisi gas buang, kandungan karbon tertinggi dihasilkan oleh after market camshaft, kandungan karbondioksida tertinggi dihasilkan after market camshaft, kandungan hidrokarbon tertinggi dihasilkan standard camshaft, dan kandungan oksigen tertinggi dihasilkan standard camshaft.en_US
dc.description.abstractCamshaft merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan motor bakar 4 langkah. Fungsi dari camshaft adalah sebagai penggerak katup hisap untuk memasukan bahan bakar dari karburator melalui saluran hisap dan memasuki ruang bakar. Camshaft juga menggerakan katup buang untuk mengeluarkan hasil pembakaran melalui saluran buang menuju pembuangan knalpot. Perbedaan pergerakan camshaft pada durasi dan lift akan berpengaruh pada waktunya bahan bakar yang masuk dan keluar dari ruang bakar pada proses pembakaran. Penelitian ini dilakukan menggunakan dua variasi, yaitu standard camshaft dan after market camshaft. Pengukuran camshaft dilakukan menggunakan metode dial indikator dan busur derajat untuk mengetahui data durasi dan lift dari camshaft, sedangkan pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian torsi dan daya, pengujian konsumsi bahan bakar spesifik, dan juga pengujian emisi gas buang. Dari hasil pengujian pada dinamometer didapatkan bahwa torsi dan daya yang dihasilkan standard camshaft lebih tinggi. Dari pengujian konsumsi bahan bakar spesifik didapat hasil pada putaran 2000 RPM dan 8000 RPM, after market camshaft lebih baik, namun pada putaran 4000 RPM dan 6000 RPM standard camshaft memiliki nilai lebih baik. Pada pengujian uji emisi gas buang, kandungan karbon tertinggi dihasilkan oleh after market camshaft, kandungan karbondioksida tertinggi dihasilkan after market camshaft, kandungan hidrokarbon tertinggi dihasilkan standard camshaft, dan kandungan oksigen tertinggi dihasilkan standard camshaft.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UMYen_US
dc.subjectCamshaften_US
dc.subjectKatupen_US
dc.subjectDurasien_US
dc.subjectLiften_US
dc.subjectTorsien_US
dc.subjectDayaen_US
dc.titlePENGUJIAN STANDARD CAMSHAFT DAN AFTER MARKET CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 110 CCen_US
dc.typeThesis SKR F T 051en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record