IMPLEMENTASI POSITIONING KAMPUNG ARAB SEBAGAI KAFE DAN RESTO KHAS ARAB DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini menganalisis implementasi positioning Kampung Arab Café
and Resto untuk menjadi kafe dan resto khas Arab di Daerah Istimewa
Yogyakarta. Sebagai pionir kafe dan resto khas Arab di DIY, Kampung Arab dari
awal berdiri telah menanamkan positioning melalui berbagai atribut-atribut di
dalam resto mulai dari nuansa tempat/ruang fisik, kuliner, sampai dengan eventevent
yang ada juga merupakan khas Arab. Dalam mengimplementasikan
positioningnya, Kampung Arab menggunakan elemen-elemen integrated
marketing communication sebagai sarana mengkomunikasikan positioning mereka
kepada khalayak, ditengah mulai adanya persaingan resto khas Arab di DIY. Pada
tahun pertama Kampung Arab dianggap tidak memaksimalkan penggunaan
instagram, terutama dalam aktivitas integrated marketing communication.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini akan mengumpulkan informasi,
mengidentikasi, mendeskripsikan, menggambarkan dan mengevaluasi segala
sesuatu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti pada obyek penelitian. Obyek
penelitian dalam penelitian ini adalah Kampung Arab Café and Resto yang
beralamat di Jalan Palagan Tentara Pelajar 65b Daerah Istimewa Yogyakarta,
Indonesia.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi positioning yang
dilakukan oleh Kampung Arab melalui kegiatan IMC dapat tersampaikan kepada
khalayak, sehingga masakan khas Arab dan Timur Tengah dapat diteriman
konsumen mereka, khususnya yang tinggal di DIY. Mulai dikenalnya kuliner
Arab dan Timur Tengah memunculkan peta persaingan baru unit bisnis kuliner,
akan tetapi Kampung Arab memiliki keunikan dari segi nuansa tempat dimana
suasana Arabnya lebih terasa dibandingkan para kompetitornya.