dc.contributor.advisor | SURYADI, DEDI | |
dc.contributor.advisor | MEISA, WISTRI | |
dc.contributor.author | SEKAR, MARHASTI KISWA ARUM | |
dc.date.accessioned | 2017-08-16T06:32:04Z | |
dc.date.available | 2017-08-16T06:32:04Z | |
dc.date.issued | 2017-05-12 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12998 | |
dc.description.abstract | Saat ini siswa tingkat SMP sudah mulai tertarik belajar bahasa Jepang, salah satu sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran bahasa Jepang adalah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pada tingkat SMP ditemukan kendala tentang rasa percaya diri yang kurang ketika siswa menggunakan bahasa Jepang. Oleh karena itu siswa diarahkan untuk terlebih dahulu belajar menulis dengan mempelajari pola kalimat bahasa Jepang. Ketika siswa belajar menulis atau mempelajari pola kalimat, ditemukan kembali kendala. Kendalanya terletak pada struktur pola kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis berusaha melakukan inovasi, salah satunya dengan menggunakan media kartu ilustrasi. Media ini diperoleh dari situs belajar bahasa Jepang yang bernama Coscom. Adanya permasalahan dan inovasi pembelajaran tersebut, penulis memunculan dua rumusan masalah yaitu: 1) Apakah media Kartu Ilustrasi efektif dalam meningkatkan penguasaan dan pemahaman tentang pola kalimat dasar bahasa Jepang siswa. 2) mencari tahu pendapat siswa mengenai penggunaan media pembelajaran Kartu Ilustrasi terhadap pembelajaran pola kalimat dasar bahasa Jepang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan jenis penelitian eksperimen, rancangan posttest only contlrol design. Instrumen penelitiannya Tes berupa soal tertulis dan nontes berupa angket. Dengan rumus statistik 𝑡โ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ditemukan hasil sebesar 0.78 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙=2,08 dengan db = 21 dan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 𝑡โ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔< 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , dengan kata lain Hk ditolak dan H0 diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran pola kalimat dasar bahasa Jepang mengguanakan media kartu ilustrasi dengan pembelajaran tidak menggunakan media (ceramah). Sedangkan perhitungan dengan rumus normalized gain kedua kelas sama-sama sangat efektif. Kesimpulannya, bahwa penggunaan media kartu ilustrasi sangat efektif meskipun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu siswa kelas eksperimen berpendapat bahwa penggunaan kartu ilustrasi memudahkan mereka dalam memahami struktur kalimat bahasa Jepang dan dengan kartu ilustrasi motivasi siswa meningkat sehingga kegiatan belajar berjalan dengan baik. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | siswa SMP, media pemelajaran, kartu ilustrasi, pemahaman, pola kalimat bahasa Jepang | en_US |
dc.title | KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU ILUSTRASI TERHADAP PENGUASAAN PEMBELAJARAN POLA KALIMAT DASAR BAHASA JEPANG | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FPB
016 | en_US |