KEEFEKTIFANMEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAANKOSAKATA BAHASA JEPANG
Abstract
Penelitian ini menggunakanmetode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatifasosiatif dengan bentuk hubungan kausal.Fokus utama pada penelitian ini adalahpenggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan penguasaan kosakatabahasa Jepang.Kartu kuartet merupakan sebuah inovasi dari media grafis yang berbentuk gambar atau foto. Desain kartu kuartet yang menggunakan gambardapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam menghafal kosakata berbahasa Jepang, sehingga mediakartu kuartet dapat digunakan sebagai media yang efektif untuk pembelajaran kosakata bahasa Jepang.
Berdasarkanhasilanalisis data yang didapatkan dari uji t test (uji t tabel). Menunjukan hasilbahwa hipotesiskerja (Hk)yang diajukan dalam penelitian ini ditolakkarena nilai t hitung lebih kecil daripada nilai t tabel (t hitung = 1 < t tabel = 2.093). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Namun,media kartu kuartet dinyatakan efektif, jika dilihat dari hasil uji normalized gain 0.51 dengan kategori untuk keefektifansedang