HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PENCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN ANAK USIA REMAJA AWAL SDN DI KECAMATAN GODEAN
Abstract
Latar Belakang: Indonesia merupakan salah satu negara yang mengikuti perkembangan teknologi informasi seperti gadget secara cepat. Gadget banyak digemari oleh remaja. Remaja menggunakan gadget dalam sehari kurang lebih 3 jam. Gadget memiliki dampak positif dan negatif. Dampak negatif gadget adalah remaja dapat mengalami kecanduan terhadap gadget, remaja menjadi lambat dalam memahami pelajaran, dan juga akan beresiko terhadap perkembangan psikologis.
Tujuan: untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan pencapaian tugas perkembangan anak usia remaja awal SDN di Kecamatan Godean.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian descriptive correlational dengan metode cross-sectional. Yang menggunakan anlisis univariate dan bivariate. Sampel sebanyak 95 orang dengan teknik total sampling. Penelitian dilakukan di SDN di Kecamatan Godean.
Hasil: Analisa data yang digunakan adalah Gamma dan Sommers’d. 53,7 % responden menggunakan gadget dalam kategori tinggi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan pencapaian tugas perkembangan anak usia remaja awal SDN di Kecamatan Godean dengan nilai p = 0,074.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara penggunaan gadget dengan pencapaian tugas perkembangan anak usia remaja awal SDN di Kecamatan Godean.