Show simple item record

dc.contributor.advisorSYAMSUDIN, MUHAMMAD
dc.contributor.authorKHUNAIFI, YAHYA
dc.date.accessioned2017-10-31T06:01:56Z
dc.date.available2017-10-31T06:01:56Z
dc.date.issued2016-05-18
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15696
dc.descriptionTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen mutu pembelajaran Tarbiyah yang di kelola dan di kembangkan oleh Pondok Pesantren Bina Umat Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran tarbiyah, kepala sekolah Pondok Bina Umat, Waka kurikulum Bina Umat, Guru Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) santriwan dan santriwati kelas X, XI, XII. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menejemen mutu pembelajaran pendidikan agama Islam (Tarbiyah) di Pondok Pesantren Bina Umat sudah cukup baik dan efektif. Hal ini dapat diketahui melalui hasil observasi dan wawancara terhadap salah satu santriwan dan santriwati dari mata pelajaran Tarbiyah yang sesuai dengan apa yang dirancang oleh guru Tarbiyah, sopan santun santri, mental dan karakter santri dengan menjadi lulusan yang unggul, prestasi-prestasi yang diraih oleh santriwan santriwati, pengembangan bahasa Arab yang cukup baik dikarenakan pada mata pelajaran Tarbiyah ini menggunakan bahasa Arab, serta hubungan antar teman yang baik dan rukun dengan tidak membedakan suku dan budaya.en_US
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen mutu pembelajaran Tarbiyah yang di kelola dan di kembangkan oleh Pondok Pesantren Bina Umat Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran tarbiyah, kepala sekolah Pondok Bina Umat, Waka kurikulum Bina Umat, Guru Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) santriwan dan santriwati kelas X, XI, XII. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menejemen mutu pembelajaran pendidikan agama Islam (Tarbiyah) di Pondok Pesantren Bina Umat sudah cukup baik dan efektif. Hal ini dapat diketahui melalui hasil observasi dan wawancara terhadap salah satu santriwan dan santriwati dari mata pelajaran Tarbiyah yang sesuai dengan apa yang dirancang oleh guru Tarbiyah, sopan santun santri, mental dan karakter santri dengan menjadi lulusan yang unggul, prestasi-prestasi yang diraih oleh santriwan santriwati, pengembangan bahasa Arab yang cukup baik dikarenakan pada mata pelajaran Tarbiyah ini menggunakan bahasa Arab, serta hubungan antar teman yang baik dan rukun dengan tidak membedakan suku dan budaya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectManajemen Mutu Pembelajaran, PAI (Tarbiyah)en_US
dc.titleMANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) DI PONDOK PESANTREN BINA UMATen_US
dc.typeThesis SKR FAI 281en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record