View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) DI PONDOK PESANTREN BINA UMAT

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (156.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (401.6Kb)
      BAB I (72.54Kb)
      BAB II (236.2Kb)
      BAB III (90.25Kb)
      BAB IV (253.2Kb)
      BAB V (73.25Kb)
      COVER (53.26Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (208.1Kb)
      Date
      2016-05-18
      Author
      KHUNAIFI, YAHYA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen mutu pembelajaran Tarbiyah yang di kelola dan di kembangkan oleh Pondok Pesantren Bina Umat Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran tarbiyah, kepala sekolah Pondok Bina Umat, Waka kurikulum Bina Umat, Guru Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) santriwan dan santriwati kelas X, XI, XII. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menejemen mutu pembelajaran pendidikan agama Islam (Tarbiyah) di Pondok Pesantren Bina Umat sudah cukup baik dan efektif. Hal ini dapat diketahui melalui hasil observasi dan wawancara terhadap salah satu santriwan dan santriwati dari mata pelajaran Tarbiyah yang sesuai dengan apa yang dirancang oleh guru Tarbiyah, sopan santun santri, mental dan karakter santri dengan menjadi lulusan yang unggul, prestasi-prestasi yang diraih oleh santriwan santriwati, pengembangan bahasa Arab yang cukup baik dikarenakan pada mata pelajaran Tarbiyah ini menggunakan bahasa Arab, serta hubungan antar teman yang baik dan rukun dengan tidak membedakan suku dan budaya.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15696
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV