MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) DI PONDOK PESANTREN BINA UMAT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen
mutu pembelajaran Tarbiyah yang di kelola dan di kembangkan oleh Pondok
Pesantren Bina Umat Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah
guru mata pelajaran tarbiyah, kepala sekolah Pondok Bina Umat, Waka kurikulum
Bina Umat, Guru Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) santriwan dan santriwati
kelas X, XI, XII.
Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif
kualitatif, dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas
dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menejemen mutu pembelajaran
pendidikan agama Islam (Tarbiyah) di Pondok Pesantren Bina Umat sudah cukup
baik dan efektif. Hal ini dapat diketahui melalui hasil observasi dan wawancara
terhadap salah satu santriwan dan santriwati dari mata pelajaran Tarbiyah yang
sesuai dengan apa yang dirancang oleh guru Tarbiyah, sopan santun santri, mental
dan karakter santri dengan menjadi lulusan yang unggul, prestasi-prestasi yang
diraih oleh santriwan santriwati, pengembangan bahasa Arab yang cukup baik
dikarenakan pada mata pelajaran Tarbiyah ini menggunakan bahasa Arab, serta
hubungan antar teman yang baik dan rukun dengan tidak membedakan suku dan
budaya.