PENGARUH EDUKASI MENYIKAT GIGI SECARA AUDIO-VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENYIKAT GIGI SISWA SD MUHAMMADIYAH KALANGAN BANGUNTAPAN YOGYAKARTA
Abstract
Latar Belakang:Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014 menyatakan bahwa di Yogyakarta permasalahan gigi dan mulut pada anak 5-9 tahun mengalami kerusakan gigi sebanyak 28.9% dan mengalami peningkatan 8,5% dari tahun 2007 hingga 2016. Data tersebut menggambarkan perlunya perhatian terhadap kesehatan gigi dan mulut anak. Terwujudnya kondisi gigi dan mulut yang sehat dapat terlaksana apabila pengetahuan anak tercukupi. Pengetahuan yang baik akan mendukung sikap dan perilaku untuk menjaga kesehatan. Agar informasi dari edukasi menyikat gigi dapat tersalurkan kepada anak dengan maksimal diperlukan media edukasi audio-visual.
Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi menyikat gigi secara audio-visual terhadap pengetahuan dan sikap menyikat gigi siswa SD Muhammadiyah Banguntapan Yogyakarta.
Metode:Penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental dengan rancangan One group pre-post test.Penelitian ini melibatkan 122 siswa.Teknik sampling yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap mengenai menyikat gigi terdiri atas 12 soal valid dengan nilai reliabilitas kuesioner pengetahuan = 0,697 dan kuesioner sikap = 0,856. Video animasi tentang menyikat gigi sudah dinyatakan valid dan reliabel untuk penelitian. Uji statistic menggunakan wilcoxon test.
Hasil:Hasil penelitian ini ialah terdapat pengaruh edukasi menyikat gigi secara audio-visual terhadap pengetahuan siswa dengan nilai p-value <0,05 dan terdapat pengaruh edukasi menyikat gigi secara audio-visual terhadap sikap siswa dengan nilai p-value <0,05.
Kesimpulan: Kesimpulannya ialah terdapat pengaruh edukasi menyikat gigi secara audio-visual terhadap pengetahuan dan sikap menyikat gigi siswa SD Muhammadiyah Kalangan Banguntapan Yogyakarta