PENGARUH KUALITAS LAYANAN KESEHATAN DAN CITRA MEREK PADA LOYALITAS PASIEN, DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI PEMEDIASI (STUDI DI BANGSAL VIP RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF. DR R SOEHARSO DI SURAKARTA)
View/ Open
Date
2017-09-16Author
SIBARANI, TANGKAS
MS, ASRI LAKSMI RIANI
Metadata
Show full item recordAbstract
Bisnis Rumah Sakit, adalah bisnis sebagaimana bisnis lazimnya, perlu melayani pasien
dengan baik untuk tetap mempertahankan kesetiaan mereka untuk menjadi pelanggan setia
rumah sakit. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pasien dan kesetiannya adalah
bahwa rumah sakit harus selalu fokus pada aspek kualitas layanan. Tingkat kepuasan pelanggan
adalah penunjuk yang efektif untuk mengukur kualitas layanan yang didasarkan pada
pertimbangnan pasien terhadap layanan yang diberikan dan pengalaman pasien sendiri. Tujuan
utama dari penelitian ini adalah unuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan dan citra
merek terhadap loyalitas pasien, dimana kepuasan pasien sebagai pemediasi, untuk menentukan
dimensi mana yang berdampak pada kepuasan pelanggan, dengan fokus studi adalah pasien
rawat inap bangsal VIP di Rumah Sakit Ortopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta,Jawa Tengah,
Indonesia. Metode penelitian adalah survey yang langsung ke pasien, dimana data dikumpulkan
melalui kuesioner yang dibagikan langsung ke pasien yang bersangkutan. Dilakukan uji
Reliabilitas dan Uji Validitas instrumen Servqual. Responden penelitian terdiri dari 211 pasien
rawat inap. Data yang terkumpul dianalisa dengan metode SEM. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan melalui citra merek dan kualitas layanan.
Secara bersamaan,kualitas layanan dan citra merek mempengaruhi kepuasan pasien. Dengan
demikian,kepuasan pasien mempengaruhi loyalitas pasien. Implikasi dari penelitian ini adalah
bahwa manajer rumah sakit perlu memperbaiki kualitas layanan secara terus menerus, dan citra
merek, sehingga kepuasan pasien dapat ditingkatkan,yang pada akhirnya akan dapat menjamin
loyalitas pasien untuk menjadi pelanggan tetap.