PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI DENGAN WAWASAN TUJUAN ORGANISASI
Abstract
Perkembangan dunia bisnis yang semakin kompetitif menyebabkan perubahan besar
luar biasa dalam persaingan, produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan
penanganan transaksi antara perusahaan dengan pelanggan dan perusahaan dengan perusahaan
lain. Hanya perusahaan-perusahaan yang memiliki keunggulan pada tingkat dunia yang akan
mampu memuaskan atau memenuhi kebutuhan konsumen, mampu menghasilkan produk yang
bermutu dengan efisiensi biaya. Perubahan-perubahan tersebut mendorong perusahaan untuk
mempersiapkan dirinya agar bisa diterima di lingkungan global. Keadaan ini memaksa
manajemen untuk berupaya menyiapkan, menyempurnakan ataupun mencari strategi-strategi
baru yang menjadikan perusahaan mampu bertahan dan berkembang dalam persaingan tingkat
dunia. Oleh karena itu perusahaan dalam hal ini manajemen harus selalu mengkaji prinsipprinsip
yang selama ini digunakan agar dapat bertahan dan tumbuh dalam persaingan yang
semakin ketat untuk dapat menghasilkan produk dan jasa bagi masyarakat.
Kunci persaingan dalam pasar global adalah kualitas total yang mancakup penekananpenekanan
pada
kualitas
produk,
biaya
atau
tingkat
harga,
kualitas
pelayanan,
penyerahan
tepat
waktu,
estetika dan bentuk-bentuk kualitas lain yang terus berkembang guna memberikan
kepuasan terus menerus kepada pelanggan agar tercipta pelanggan yang loyal. Penilaian atau
pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang penting dalam perusahaan. Selain
digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan, pengukuran kinerja juga dapat digunakan
sebagai dasar untuk menentukan sistem imbalan dalam perusahaan, misalnya untuk menentukan
tingkat gaji karyawan maupun reward yang layak. Pihak manajemen juga dapat menggunakan
pengukuran kinerja perusahaan sebagai alat untuk mengevaluasi pada periode yang lalu.